Curah Hujan Meningkat, Produksi Gula Merah Turun

Bonimin menunjukan gula aren hasil olahan dirinya. (Rahman/beritapenajam.net)

BERITAPENAJAM.Net, PENAJAM – Pengrajin gula aren atau gula merah di Desa Api – Api Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami penurunan produksi yang cukup signifikan.

Produksi gula merah yang banyak digeluti warga di daerah itu menurun hingga 50 persen karena kondisi cuaca buruk dan intensitas curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari ini terakhir.

Saat ditemui salah pengrajin gula merah Sukardin, mengatakan bahwa kondisi air nira saat ini tidak seperti biasa sejak kondisi cuaca yang tidak menentu ini. Hampir semua penyadap gula aren mengeluhkan penurunan jumlah produksi air nira.

“Rata – rata teman mengeluhkan itu, dilihat dari segi fisik pohon aren bagus biasanya banyak airnya (nira) begitu dipotong engga ada airnya, sekarang sudah tidak bisa diprediksi lagi,” keluhnya kepada media ini, Selasa (22/06/2021).

Saat ini dirinya mengumpulkan air nira hingga dua tiga hari untuk memproduksi gula merah dengan hasil cetakan hingga 20 tangkup (Cetakkan Gula Aren).

“Biasanya kita setiap hari cetak sampai 15 tangkup, karena airnya menurun mau ga mau ditampung dulu,” ujar Sukardin.

Keluhan serupa juga dialami Bonimin, menurutnya ia diharuskan mengumpulkan air nira hingga lima sampai enam hari hanya mendapatkan 15 tangkup gula merah.

“Sekarang lima hari dikumpulkan cuma dapat 15 tangkup, itu pun air niranya kadang tidak penuh di jerigen,” bebernya.

Akibat kondisi ini pemerintah daerah diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi, apalagi adanya Pandemi Covid-19 membuat perputaran ekonomi tidak membaik. (bp1/sr)

beritapenajam.net

Leave a Reply

Next Post

Sistem Zonasi PPU Untuk Pemerataan Sekolah Berkualitas

Wed Jun 23 , 2021
BERITAPENAJAM.Net, PENAJAM – Pengrajin gula aren atau gula merah di Desa Api – Api Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami penurunan produksi yang cukup signifikan. Produksi gula merah yang banyak digeluti warga di daerah itu menurun hingga 50 persen karena kondisi cuaca buruk dan intensitas […]
%d bloggers like this: