Cegah Masuknya Penyakit Pada Hewan Ternak, Distanak Perketat Jalur Distribusi

by -139 Views

BERITAPENAJAM.Net– Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus lakukan pengawasan lalu lintas distribusi hewan ternak sapi dari luar daerah selama Ramadhan

Hal tersebut dilakukan dalam upaya mencegah masuknya wabah penyakit seperti jembrana ke wilayah tersebut.

“Kita sudah ada Puskeswan di masing-masing Kecamatan untuk memantau langsung di lapangan,” ujar Kepala bidang dan Kesehatan Hewan Distanak PPU Arief Murdiyatno, Rabu (7/6/2017).

Para petugas tersebut, kata Arief, bertugas melakukan pengawasan baik itu dari peternakan, pedagang, pemotongan, pengolahan, hingga dipasarkan.

Arief juga meminta agar hewan ternak sapi yang masuk ke PPU dari luar wilayah dapat dilaporkan. Sehingga petugas Puskeswan dapat melakukan pemeriksaan kesehatannya terlebih dahulu.

Menurutnya, selama Ramadhan hingga lebaran idul fitri kepadatan lalu lintas distribusi hewan ternak tentu meningkat signifikan. Sehingga pihaknya terus berupaya lakukan pengawasan yang lebih ekstra.

“Karena memang ada saat-saat tertentu yang perlu kita tingkatkan pengawasannya. Salah satunya bulan Ramadhan ini,” pungkasnya.(Toy/*/nit)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.