Cegah Karhutla, Polisi, TNI dan Manggala Agni Lakukan Patroli Gabungan

by -187 Views

BERITAPENAJAM.Net – Personil Satuan Sabhara Polres Penajam Paser Utara (PPU), bersama TNI, dan Manggala Agni telah melakukan patroli gabungan, untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan rute Desa Sesulu dan Desa Bangun Mulya, Selasa (26/09/2017)

Daerah yang dilakukan patroli seperti daerah yang sering terjadi Karhutla di tahun yang lalu. Selain itu melakukan monitoring kepada masyarakat setempat yang mulai membuka lahan.

Di tempat terpisah, Kapolres PPU AKBP Teddy Ristiawan menyampaikan Persoalan Karhutla perlu ada penanganan yang serius dari semua pihak. Supaya tidak terulang kembali seperti setiap tahun yang lalu. Makanya perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar menjaga lingkungan dari Karhutla.

Menurutnya, ketika dilakukan sosialisasi seperti ini, masyarakat akan memahami dan menyadari tentang dampak dari Karhutla tersebut. “Makanya kita melakukan pendekatan, dan berikan pemahaman kepada masyatakat, bahwa membakar hutan lahan atau kebun itu dilarang undang-undang, karena berdampak bagi kehidupan,” Ujar AKBP Teddy Ristiawan.

Akibat dari Karhutla akan merusak ekosistem kehidupan, dan merusak kesehatan serta mengganggu transportasi baik darat, laut dan udara.

“Kegiatan seperti ini, harus dilakukan secara rutin, agar masyarakat paham tentang dampak terbakarnya hutan dan lahan,” ungkapnya. (SH/nit)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.