Cara Menjaga Kesehatan Gusi dan Mulut

by -135 Views

BERITAPENAJAM.Net- Gangguan pada mulut terutama pada gusi dan gigi merupakan gangguan yang cukup menyiksa karena ketika mulut terganggu, nafsu makan biasanya juga akan menurun. Untuk menghindari gangguan gusi dan mulut, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut. Beberapa tips berikut sekaligus akan menjaga kesehatan gusi dan mulut Anda.

Rajin Membersihkan Gigi
Untuk mempertahankan kesehatan gigi, cara utama yang dapat dilakukan adalah dengan rajin membersihkannya. Rutinlah menyikat gigi setelah makan, atau setidaknya 2 kali dalam sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Untuk mencegah sisa kotoran di sela gigi, Anda bisa menggunakan bantuan benang gigi. Agar lebih optimal, Anda juga bisa menggunakan mouthwash agar mulut lebih bersih dan bebas bau mulut. Jika Anda tidak suka mouthwash yang dibeli, maka Anda dapat membuat mouthwash alami menggunakan campuran air dan garam

Hindari Minum Teh, Kopi, dan Alkohol
Teh dan kopi sebenarnya dapat Anda konsumsi sesekali. Namun, terlalu sering minum teh dan kopi bisa menyebabkan plak di gigihingga berujung pada kerak gigi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kerak gigi adalah cikal bakal gangguan pada gusi (radang gusi) dan menyebabkan gigi keropos. Untuk alkohol, ada baiknya Anda tidak minum alkohol sama sekali. Alkohol dapat menyebabkan mulut kering dan menyebabkan bau mulut

Melakukan Flossing
Flossing akan membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang berada di rongga antara gigi dan gusi. Flossing akan mencegah terjadinya abses gusi dan juga radang gusi. Selain itu, kerak gigi juga dapat dicegah.

Asupan Makanan untuk Menyehatkan Gusi dan Mulut
Untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi, Anda juga dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut:

  1. Stroberi: mengandung malic acid yang berguna untuk menghilangkan noda pada gigi Anda.
  2. Brokoli: mengandung nutrisi penting yang dapat memperkuat email gigi dengan cara memberikan lapisan anti-asam.
  3. Jamur shitake: mengandung lentinan yang dapat mencegah perkembangan bakteri di dalam mulut sehingga mencegah gigi terbebas dari plak.
  4. Apel: mengandung zat asam yang dapat membersihkan dan membuat gigi tampak lebih putih.
  5. Wortel dan seledri: keduanya dapat memicu produksi air liur yang berguna sebagai pembersih alami mulut dan gigi.
  6. Jeruk dan nanas: mengandung asam yang dapat meningkatkan produksi air liur, mencegah perkembangan bakteri jahat, dan menghilangkan tartar yang menyebabkan plak.
  7. Biji Wijen: kaya akan kalsium yang berguna untuk menguatkan tulang gigi dan menyehatkan gusi.
  8. Teh hijau: mengandung zat bernama catechin yang berfungsi untuk mencegah perkembangan bakteri di dalam mulut.
  9. Keju: rendah akan karbohidrat dan tinggi kalsium serta fosfat yang baik untuk kesehatan gigi. Keju juga memiliki khasiat menjaga keseimbangan pH di dalam mulut.
  10. Kiwi: kaya akan vitamin C yang berguna untuk mencegah kerusakan kolagen gusi sehingga gusi menjadi lebih sehat.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi. Menerapkan pola hidup sehat, mengatur asupan nutrisi, dan rajin menjaga kebersihan mulut adalah kunci untuk mendapatkan gusi dan gigi yang sehat.

Sumber: http://halosehat.com
Gambar: http://www.alasehat.net

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.