Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

by -166 Views

BERITAPENAJAM.Net – Susah buang air besar adalah masalah yang tidak boleh dianggap remeh, memang hal ini biasanya tidak berbahaya, jika gangguannya ringan. Namun pada beberapa kasus hal ini dapat menyebabkan BAB berdarah dan kompilkasi lainnya. Oleh karena itu, jangan tunda untuk mengatasi susah buang air besar.

Seseorang dikatakan susah air besar (sembelit/konstipasi) jika dalam waktu satu minggu hanya buang air besar sebanyak 1-2 kali atau kurang, BAB dengan feses yang keras, dan butuh waktu lebih lama untuk menuntaskan buang air besar.

Jika sudah demikian, segera atasi terlebih dahulu dengan cara alami dan sederhana namun sangat efektif mengatasi dan mencegah sembelit.

Pengobatan Sembelit

Pengobatan sembelit yang tepat tergantung pada penyebabnya, oleh karena itu silahkan baca terlebih dahulu penyebab susah buang air besar .

Secara umum susah buang air besar dapat diatasi dengan cara mengubah pola makan dan gaya hidup, tentu ini merupakan langkah awal atau cara mudah yang dapat kita lakukan sendiri.

Berikut cara mudah mengatasi susah
buang air besar :

Asupan Tinggi Serat

Makanlah lebih banyak buah-buahan dan sayuran. Ini berarti minimal lima porsi buah atau sayuran setiap hari. Serat didefinisikan sebagai bahan yang dibuat oleh tanaman yang tidak dicerna oleh saluran pencernaan manusia. Serat adalah salah satu andalan dalam pengobatan sembelit. Serat dapat mengikat air dan menjaga air dalam usus sehingga menjaga feses tetap lunak dan mudah dikeluarkan.

Buah berserat yang ampuh mengatasi susah buang ari besar yaitu buah pepaya. Jika ini tidak tersedia silahkan makan buah-buahan lainnya dan sayur-sayuran. Tapi hindarilah buah salak, yang malah akan membuat buang ari besar semakin sulit.

Banyak Minum

Cairan mutlak dibutuhkan untuk membuat konsistensi feses menjadi lunak dan melancarkan pencernaan. Jadi perbanyak minum air putih, tambahkan 2-4 gelas dibanding sebelumnya. Namun, harus menghindari minuman berkafein seperti kopi dan teh, karena minuman jenis ini malah bersifat membuat cairan (meningkatkan buang air kecil)

Olah raga

Aktifitas fisik juga mempengaruhi kerja usus besar kita, jika kita aktif maka pencernaan juga lancar. Oleh karena itu rajinlah bergerak baik itu aktivitas fisik harian ataupun dengan cara olah raga. Hal ini akan merangsang pergerakan usus dan melancarkan buang air besar.

Stop Obat Tertentu

Jika baru-baru ini Anda minum obat tertentu maka harus dihentikan, jangan-jangan sembelit yang terjadi karena efek samping obat, atau konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan obat alternatif.

Obat Pereda Nyeri

Jika susah buang air besar disertai rasa sakit, maka untuk mengatasi hal ini minumlah obat pereda nyeri contohnya parasetamol. Terlebih dahulu baca dengan seksama cara pakai. dosis. dan kontraindikasinya.

Jika langkah di atas belum berhasil mengatasi susah buang air besar, maka selanjutnya adalah menggunakan obat pencahar (laxative), obat susah buang air besar ini banyak tersedia baik itu dalam bentuk pil yang diminum maupun berbentuk suppositoria yang dimasukkan melalui anus.

Pola makan dan gaya hidup seperti di atas harus dipertahankan, karena selain dapat mengatasi susah buang air besar, juga dapat mencegah sembelit.

Sumber: mediskus.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.