Bupati Tinjau Budidaya Keramba di Kampung Kerok Laut

by -198 Views

Yusran : Omset Penjualan Lebih Dari 30 Juta Perbulan

BERITAPENAJAM.Net – Bupati Penajam Paser Utara (PPU) H. Yusran Aspar didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten PPU, Ahmad Usman tinjau langsung budi daya keramba udang karang dan ikan di kampung Kerok laut kecamatan penajam, Sabtu (29/10) beberapa waktu lalu.

Disela-sela ini Yusran Aspar mengatakan sangat mengapresiasi sekali kegiatan masyarakat nelayan daerah tersebut. Dengan menggeluti budidaya keramba udang karang dan beberapa jenis ikan sejak 2007 lalu mampu mengangkat kesejahteraan mereka.

“Ini namanya nelayan cerdas.  Karena dengan usaha yang dilakukan selama ini, bukan hanya sekedar untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari, tetapi telah mampu meningkatkan kesejahteraan mereka, “kata Yusran Aspar disela-sela kegiatan ini.

yusran2

Bupati mengatakan prestasi tersebut sudah sepantasnya dapat dicontoh oleh para nelayan lainnya yang ada di Kabupaten PPU. Karena menurutnya, daerah ini memiliki berbagai potensi sumber daya alam  yang sangat besar. Termasuk dalam bidang perikanannya dan kelautannya.

“Pemerintah daerah Kabupaten PPU punya fasilitas pinjaman murah di Bank Ibadurahman dengan bunga hanya 5 persen. Fasilitas ini tentunya dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha para nelayan untuk mengembangkan sebua usaha. Yang jelas pemerintah daerah selalu memberikan dukungan, kemudahan dan fasilitas yang terbaik kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, “ujar Yusran.

Dikatakan mantan DPR RI ini, bahwa saat ini masyarakat harus bisa berfikir cerdas dan bekerja keras. Termasuk nelayan di Kabupaten PPU. Jika hanya pasrah dengan keadaan lanjutnya, maka dipastikan nelayan itu sendiri yang akan tertinggal dengan yang lain.

“Fasilitas telah tersedia, tinggal kita harus punya kemauan untuk melaksanakannya, “pungkasnya.

Sementara itu dalam  kesempatan yang sama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ahmad Usman mengatakan keramba yang dikelola oleh Masran dan kawan-kawan tersebut saat ini berjumlah lebih dari 60 petak yang diantaranya merupakan bantuan dari pemerintah daerah beberapa waktu lalu.

Masing-masing yang mereka budidsayakan adalah diantaranya udang karang jenis mutiara dan pakistan. Sementara jenis ikan yang mereka budidayakan diantaranya jenis kerapu, kakap, bronang dan beberepa jenis ikan hias.

“Untuk budidaya udang karang jenis pakistan saja, rata-rata Masran mampu menghasilkan sebanyak 100 kilogran setiap bulan dengan harga rata-rata 300 ribu rupiah per kilogram. Dengan begitu omset penjualan untuk jenis udang ini saja setiap bulan adalah sebesar 30 juta rupiah, “bebernya. (Humas6)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.