Bulan Ramadhan, Warga Banyak Pindah Domisili

BERITAPENAJAM.Net– Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengungkapkan bahwa selama bulan puasa Ramadhan 1438 Hijriah, Disdukcapil PPU mengalami peningkatan dalam melayani masyarakat yaitu hingga 35 persen, berbeda saat tidak memasuki bulan suci ramadhan.

“Untuk bulan puasa ini, masyarakat tengah berbondong-bondong untuk mengurus berkas kependudukan, lebih padat dari hari-hari biasanya, mungkin disebabkan libur sekolah maupun beberapa dari masyarakat yang tidak bekerja karena puasa, sehingga banyak melakukan pengurusan administrasi kependudukan,” tutur Kepala Dinas Disdukcapil Suyanto saat ditemui ditengah-tengah kesibukannya melayani masyarakat, Rabu (7/6/2017).

Lanjutnya, masyarakat datang mengurus berkas kependudukan seperti membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran maupun Surat Keterangan pindah atau datang, tetapi yang mendominasi dilakukan masyarakat adalah mengurus berkas  pindah/datang.

“Rata-rata yang diurus penduduk itu adalah Akte Kelahiran, Akte Kematian namun mayoritas yang diurus adalah berkas pindah/datang, tetapi bukan datang namun pindahnya. Banyak masyarakat kita yang pindah domisili, rata-rata keluar kabupaten dengan alasan kondisi pekerjaan,” tutupnya.(*/nit)

Laporan dari wartawan Beritapenajam Erwin

 

Random Posts

Leave a Reply