Buen Festival III Kolaborasi Kirab Pemuda Nasional

BERITAPENAJAM.NET-Buen Festival, Hari Raya Kebudayaan yang merupakan kalender even festival seni, budaya dan pariwisata kebanggaan Masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara (Kab.PPU) akan kembali digelar.

Buen Festival merupakan sebuah festival seni, budaya dan pariwisata yang lahir dari semangat kebersamaan Masyarakat Desa Bangun Mulya. Sebuah acara yang mengusung semangat kegotongroyongan, sedekah bumi, dan ungkapan rasa syukur atas rasa persatuan dan kerukunan antar suku dan agama yang berhasil dibangun bersama-sama.

Kepala Desa Bangun Mulya Kecamatan Waru Kab. PPU Sudono mengatakan bahwa Buen Festival 3 kali ini tetap mengusung semangat kebersamaan dan lebih fokus kepada pembangunan nilai-nilai kebudayaan dan partisipasi masyarakat.

“Target Buen Festival 3 adalah tingkat partisipasi masyarakat. Dari pengalaman Buen Festival 1 dan Buen Festival 2, diharapkan partisipasi masyarakat lebih meningkat lagi. Budaya-budaya lokal Kab. PPU lebih kita prioritaskan, dan dikolaborasikan dengan budaya-budaya daerah lainnya.” Jelas Sudono, usai rapat bersama di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kab. PPU, beberpa waktu lalu.

Ia menambahkan bahwa Buen Festival 3 diharapkan menjadi sebuah bentuk kegiatan ucapan syukur dan mepererat silaturahmi antar Masyarakat Kab. PPU yang mana baru saja usai menggelar pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

“Pilkada sudah usai. Mari kita bersama-sama bergandeng tangan menghilangkan semua perbedaan warna yang ada dan bersatu membangun Kab. PPU lebih baik lagi. Apalagi di Buen Festival 3 ini juga menjadi Tuan Rumah Kirab Pemuda Nasional 2018. Mari bersama-sama kita menjadi tuan rumah yang baik.” harap Sudono.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Peningkatan Kreatifitas Pemuda Disdikpora Provinsi Kalimantan Timur (Prov Kaltim), Bahri, menimpali bahwasanya Kab. PPU di pilih menjadi Tuan Rumah Kirab Pemuda Nasional tahun 2018 adalah untuk mempromosikan potensi-potensi yang ada di Kab. PPU baik potensi seni, budaya dan pariwisata maupun juga potensi-potensi lainnya sekaligus untuk memperkenalkan Kab. PPU kepada masyarakat luas secara nasional.

“Yang menunjuk Kab. PPU sebagai Tuan Rumah Kirab Pemuda Nasional 2018 adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga, dengan pertimbangan bahwa Kab. PPU kaya akan potensi seni, budaya dan pariwisata karena Kirab Pemuda itu sendiri merupakan kegiatan nasional yang materinya terdiri pawai budaya, pentas seni dan budaya serta ada kegiatan explore potensi pariwisata. Maka dari itu, sangat beruntung sekali jika Buen Festival 3 ini bisa di kolaborasikan dengan agenda Kirab Pemuda Nasional 2018 ini. Kami sangar berharap kita semua dapat bersinergi tanpa mengganggu agenda tetap Buen Festival 3 itu sendiri.” ujar Bahri.

Sebagai informasi, pada rapat yang dilaksanakan oleh Panitia Buen Festival 3 dengan unsur Disdikpora Kab. PPU dan unsur Disdikpora Provinsi Kaltim, Selasa (3/7) di ruang Kepala Disdikpora Kab. PPU disepakati bahwa Buen Festival 3 dan Kirab Pemuda Nasional 2018 akan di selenggarakan pada tanggal 28 – 30 Oktober 2018 di Desa Bangun Mulya Kecamatan Waru Kab. PPU.(helena/kmf/Bp1)

Random Posts

Leave a Reply