Sel. Jul 16th, 2019

BERITA PENAJAM

Berita terkini benuo taka

Biasa Mandi Air Dingin di Pagi Hari, Rasakan 6 Keuntungan Ini

2 min read

BERITAPENAJAM.Net -Jika Anda memilih mandi air dingin di pagi hari, itu adalah pilihan yang tepat. Sama saja Anda memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda karena kebiasaan baik ini.

Aneka riset sudah membuktikan ada beberapa kebaikan mandi air dingin di pagi hari. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga membantu tubuh lebih berenergi.

Berikut manfaat mandi air dingin seperti dikutip dari situs Reader’s Digest

  1. Memperkuat imunitas tubuh

Mengawali pagi mandi dengan air hangat lalu mengakhiri dengan air dingin, kemungkinan untuk menderita suatu penyakit berkurang 30 persen. Hal ini terungkap lewat studi di jurnal PLOS One.

Lalu, partisipan yang mandi air dingin di 30 sampai 90 detik terakhir, selain membuat jadi jarang sakit, mereka juga melaporkan manfaat baik bagi kesehatan mental. Di antaranya cenderung tidak cemas dan lebih puas dalam memaknai hidup.

  1. Lebih berenergi

Mandi air dingin di pagi hari bisa membuat tubuh jadi lebih ‘bangun’. Hal ini terjadi karena tubuh mengaktifkan hormon endorfin yang membuat tubuh jadi lebih terjaga.

Studi dalam Behavioral and Brain Functions juga menyebutkan mandi air dingin bisa membantu mengurangi kelelahan jangka panjang. Sehingga usai mandi air dingin seseorang jadi lebih berenergi.

  1. Rasa nyeri berkurang

Bagi orang yang sedang mengalami nyeri kronis, ambil manfaat dari mandi air dingin. Saat tubuh terkena siraman air dingin, secara otomatis hormon endorfin terlepas.

Membuat rasa nyeri berkurang berdasarkan studi yang dipublikasikan North American Journal of Medical Sciences.

  1. Suasana hati lebih baik

Bagi orang yang didiagnosis alami depresi klinis, mandi air dingin di pagi hari membantu jiwanya jadi lebih sehat. Menurut peneliti, paparan air dingin membuat impuls listrik bergerak dari ujung-ujung saraf perifer ke otak. Hal ini memberi efek antidepresi. Hal ini diungkapkan dalam studi yang dipublikasikan dalam Medical Hypotheses. Riset lainnya menyebutkan mandi air dingin bisa membuat suasana hati jadi lebih baik dan rasa cemas berkurang.

  1. Tingkatkan kewasapadaan

Usai bangun tidur, terkadang belum memiliki kewaspadaan yang baik. Nah, dengan mandi dingin memiliki efek membuat tubuh jadi lebih waspada atau siaga.

  1. Pemulihan lebih cepat usai olahraga

Usai latihan olahraga yang berat, mandi air dingin bisa mengurangi nyeri otot dan mempercepat pemulihan sel-sel yang rusak.

Sumber: newsmedia.co.id

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.