Bere Ali: Pengelolaan Keuangan yang Baik dimulai dari Data yang Akurat dan Objektif

by -115 Views

Bere Ali: Pengelolaan Keuangan yang Baik Berawal dari Perencanaan Berdasarkan Data yang Akurat dan Objektif

BERITAPENAJAM.Net– Staf bendahara di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Penajam Paser Utara (PPU) menghadiri kegiatan Pembinaan Mengenai Sistem Akuntansi Pemerintah dan Monev Penyaluran Dana Desa dan DAK Fisik 2018 di Aula Lantai III Kantor Bupati PPU, Rabu pagi (29/8).

Penjabat (PJ) Bupati Bere Ali yang hadir untuk membuka acara tersebut, mengungkapkan bahwa persoalan pengelolaan keuangan dalam pelaksanaannya benar-benar harus rigid. yang saya maksud rigid adalah dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan yang dimulai dari perencanaan harus bersumber dari data yang akurat dan objektif.

Lebih lanjut Bere menejelaskan dalam mengajukan DAK (Dana Alokasi Khusus), sebaiknya telah direncanakan secara spesifik sebelum diajukan. Sehingga dalam pelaksanaannya dana tersebut dapat terserap dengan baik dan tepat. DAK digunakan untuk melaksanakan pembangunan yang spesifik di daerah-daerah, sehingga dalam perencanaannya dana tersebut telah diatur secara spesifik juga.
“Sebagai contoh di PPU untuk pembangunan salah satu Puskesmas yang tahun 2018 ini telah masuk dalam dana DAK. Namun, dana DAK tersebut tidak dapat terserap karena ternyata tanahnya belum siap. Hal bersifat teknis s’eperti ini, baik yang bersifat makro maupun kecil saya harap harus direncanakan dengan spesifik”, ujarnya.

Selanjutnya terkait pelaksanaan dana desa, untuk PPU tahun ini mendapat alokasi dana desa sekitar 28 milyar, ditambah ADD sebesar 2 milyar, sehingga setiap desa diperkirakan akan mengelola sekitar 30 milyar. “Angka ini adalah angka yang sangat besar untuk dikelola seorang kepala desa, bahkan lebih besar dari dana yang dikelola oleh OPD kita. Untuk itulah tugas kita memberikan pembinaan kepada masing-masing Desa agar dana tersebut dapat terkelola dengan baik”,tegas Bere.

Bere berharap melalui kegiatan ini, dapat memberikan pengetahuan kepada bendahara dan
pelaksana keuangan dalam menciptakan sistem pengelolaan keuangan yang baik. Hadir pula nara sumber dalam acara ini Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi
Kalimantan Timur, Midden Sihombing (Humas09/Sisma)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.