Bantuan dari APBD PPU Menunggu Perkada

BERITAPENAJAM.Net, PENAJAM – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) belum dapat merealisasikan bantuan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lantaran Peraturan Kepala Daerah (Perkada) tentang mendahului perubahan belum disahkan.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmperindag) PPU Muhammad Sukadi Kuncoro menyampaikan saat ini pihaknya masih menunggu Perkada rampung untuk memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM.

“Data sudah kami siapkan, tinggal begitu perkada selesai akan kami luncurkan,” ungkap Kuncoro saat diwawancarai beritapenajam Senin, (12/07/2021).

Diskukmperindag telah menyiapkan berbagai dokumen untuk mendukung rencana tersebut, salah satunya data data calon penerima. Untuk sementara waktu ini terdapat sebanyak 2.700 calon penerima bantuan. Data ini merupakan para pelaku usaha yang gagal menerima bantuan dari pemerintah pusat pada tahun lalu lantaran data mereka diblokir.

“Tidak ada pengurangan nilai, dengan besaran tetap Rp, 1,2 juta,” imbuhnya.

Pihaknya pun akan kembali melakukan menyisir setelah menerima surat putusan dari pemerintah pusat terkait Bantuan Presiden Pelaku Usaha Mikro (BPUM) untuk tahap kedua.

“Begitu clear dan tutup dari kementerian pun sudah menutup bantuan ini, maka kami akan menyisir yang tidak dapat itu,” beber Kuncoro kepada media ini.

Namun sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan bahwa realisasi penyaluran dana untuk sektor UMKM ini, masih lambat dan belum sesuai harapan. Masalah terjadi karena proses pendataan dan harmonisasi yang dilakukan antar lembaga dalam menyalurkan bantuan untuk pelaku UMKM memerlukan waktu lama. (bp1/sr).

beritapenajam.net

Leave a Reply

Next Post

Relokasi Pasar Rakyat Babulu Ditargetkan Akhir Juli 2021

Mon Jul 12 , 2021
BERITAPENAJAM.Net, PENAJAM – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) belum dapat merealisasikan bantuan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lantaran Peraturan Kepala Daerah (Perkada) tentang mendahului perubahan belum disahkan. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmperindag) PPU Muhammad Sukadi Kuncoro menyampaikan saat ini pihaknya […]
%d bloggers like this: