Jum. Agu 23rd, 2019

BERITA PENAJAM

Berita terkini benuo taka

Bangun Arboretum Bambu di Desa Bangun Mulya

2 min read

BERITAPENAJAM.NET– Pengurus Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (KAGAMA) Balikpapan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Waru Tua dalam waktu dekat ini akan membangun Arboretum bambu di Desa Bangun Mulya Kecamatan Waru Kabupaten PPU.
Perihal ini diungkapkan oleh Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Kabupaten PPU, Nico Herlambang usai mendampingi rombongan KAGAMA dalam melakukan peninjauan lokasi lahan penanaman bambu yang akan dijadikan Arboretum di Desa Mangun Mulya, Senin, (5/8) beberapa hari lalu.
“Sebelum dilakukan peninjauan ini rombongan dari KAGAMA juga telah bertemu langsung dengan Wakil Bupati PPU, Hamdam, Sekkab PPU, Tohar dan Kepala Desa Bangun Mulya untuk menyampaikan perihal ini. Alhamdulillah respons beliau-beliau juga sangat baik dan mendukung terhadap rencana pembangunan Arboretum bambu di Desa Bangun Mulya ini,” kata Nico Herlambang.

Dijelaskan Nico, Arboretum adalah semacam kebun dengan berbagai pohon yang ditanam dan dikembangbiakkan untuk tujuan penelitian atau pendidikan. Selain itu Arboretum juga sangat berdampak positif bagi lingkungan. Namun lebih dari itu, Arboretum bisa disiasati agar memiliki fungsi yang lain diantaranya sebagai objek wisata daerah di Kabupaten PPU nantinya.

Lebih jauh kata Nico, total bambu yang akan ditanam sebanyak seribu bibit bambu dengan farietas bermacam-macam. Namun dari bibit yang telah disiapkan jenisnya dominan adalah bambu petung yang kerap digunakan sebagai kontruksi bangunan. Saat ini pihak Desa Bangun Mulya juga telah menyiapkan lahan kosong yang tidak digunakan seluas 2,5 Ha yang akan digunakan sebagai lahan Arboretum ini.

“Lahan telah tersedia dengan luas 2,5 Ha. Kemudian bibit bambu ini didatangkan langsung dari Nusa Ferde, Jokjakarta melalui Kultur jaringan, sehingga bibit bambu dipastikan dalam kondisi terbaik dengan Farietas unggul yang bisa digunakan dan ditanam, “jelas Nico.

Penanaman ini lanjutnya, dijadwalkan dilaksanakan sebelum Mahasiswa UGM dan STT Migas selesai kegiatan KKN di Kecamatan Waru. Kemudian pada 6-7 September mendatang akan dilakukan kunjungan Rektor UGM ke Kabupaten PPU dalam rangka pencanangan lokasi Arboretum tersebut.

“ Ini merupakan bagian dari program pengembangan ekowisata yang akan dikembangkan di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru Kabupaten PPU, “ bebernya. (Humas6)

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.