Bahaya Makanan Cepat Saji untuk Tubuh

by -261 Views

BERITAPENAJAM.Net– Makanan cepat saji memang sangat nikmat selain rasanya yang enak juga cara penyajiannya pun sangat cepat tentu ini sangat cocok bagi orang yang sangat sibuk dan tidak ada waktu lama untuk makan. Di antaranya makanan cepat saji seperti pizza, burger, mie instan, fried chicken dan lain sebagainya. Perlu Anda ketahui makanan cepat saji tersebut sangatlah berbahaya jika dikonsumsi terlalu sering, karena mengandung kadar garam, gula, lemak dan kalori yang sangat tinggi. Selain itu minuman bersoda yang biasa mendampingi makanan cepat saji juga sangat berbahaya. Efek soda bagi kesehatan lainnya adalah dapat menyebabkan kerapuhan tulang dan membuat pertumbuhan tulang tidak sempurna.

Budaya makan makanan cepat saji (fast food) sekarang ini semakin meluas dikalangan masyarakat khususnya di negara Indonesia sekarang ini. Salah satu alasannya seperti sudah di jelaskan di atas yaitu karena rasanya yang enak dan lebih praktis. Sebelum Anda mencobanya, satu hal yang harus Anda pertimbangkan adalah kondisi kesehatan Anda. Menurut sebuah penelitian makanan cepat saji sangatlah merugikan bagi kesehatan, untuk lebih jelasnya Anda bisa memperhatikan ulasan berikut ini mengenai bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan.

Menyebabkan Obesitas
Yang pertama dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Selain itu obesitas juga bisa menyebababkan berbagai penyakit lainnya dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan gula dan garam yang sangat banyak yang berpotensi untuk meningkatkan berat badan atau obesitas. Kandungan minyak dan bahan pengawet yang terdapat dalam kandungan makanan cepat saji juga membuat tubuh sulit untuk mengurai lemak.

Kerusakan Hati
Selain menyebabkan obesitas, kerusakan hati juga sering dikatkan dengan seringnya seseorang mengonsumsi makanan cepat saji. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji yang banyak mengandung sodium dan minyak jahat membuat hati bekerja lebih ekstra untuk membersihkan zat yang beracun bagi tubuh. Jika kondisi tersebut sering terjadi maka kesehatan hati pun akan terganggu dan hingga dapat menyebabkan kerusakan hati.

Diabetes Tipe-2
Makanan cepat saji memang banyak menjadi sebuah solusi bagi orang yang sibuk. Kandungan gula dan garam yang sangat tinggi dalam makanan cepat saji selain dapat menyebabkan obesitas dan kerusakan hati juga dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe 2 .

Tubuh Kekurangan Nutrisi
Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh sangat memperlukan sekali nutrisi untuk menunjang kondisi kesehatan. Tapi dengan seringnya makan makanan cepat saji membuat nutrisi dalam tubuh menjadi berkurang hal itu dikarenakan makanan cepat saji tidak mengandung vitamin, mineral dan zat lainnya yang pastinya sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Efek samping dari kekurangan nutrisi dapat menyebabkan gangguan pada organ-organ dalam tubuh.

Mengenal Bahan Berbahaya dalam Makanan Instan
Setelah mengetahu tentang bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan tubuh, ketahuilah beberapa bahan berbahaya yang terkandung di dalamnya. Tanpa disadari banyak dari kita yang seringkali mengonsumsi makanan instan. Padahal seperti yang kita ketahui makanan instan bersifat aditif dan sangat rendah nutrisi. Dan tentu saja makanan-makanan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Untuk lebih mengenal mengenai bahan yang berbahaya dalam makanan instan ataupun makanan cepat saji, simak ulasan berikut ini.

Salt
Tiga perempat salt atau garam yang kita konsumsi setiap hari tidak berasal dari garam dapur, melainkan berasal dati makanan instan ataupun makanan olahan, seperti mie instan, saus, sup instan dan lainnya. Tahukah Anda bahwa kelebihan garam atau sodium dapat menyebabkan berbagai macam penyakit? Akibat kelebihan garam dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, jantung hingga stroke. Organisasi kesehatan dunia (WHO) menganjurkan bahwa mengosumsi garam maksimal 5 gram sehari. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurangi makanan instan dan olahan pabrik agar tubuh tidak kelebihan sodium.

Lemak Trans
Jika dibandingkan dengan lemak jenuh, lemak trans sangatlah berbahaya dan merupakan pemicu utama penyakit jantung. Hal ini dikarenakan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik (HDL) Umumnya jenis lemak yang satu ini terdapat dalam kue kemasan seperti kerupuk, muffin, microwave popcorn, cracker serta makanan cepat saji.

High Fructose Corn Syrup
Jika ingin membeli makanan instan, pastikan Anda memeriksa label komposisi terlebih dahulu. Jika terdapat high fructose corn syrup atau sirup jagung fruktosa tinggi sebaiknya jangan membelinya. Hal ini dikarenakan fruktosa yang Anda konsumsi tidak bisa secara langsung digunakan oleh tubuh menjadi sumber energi sebelum diubah menjadi glukosa.

Dan hal tersebut harus melewati jalan yang panjang dan memakai energi. Efek jangka panjang mengonsumsi fruktosa secara berlebih dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti hipertensi, kolesterol tinggi, masalah insulin, diabetes tipe 2 hingga kerusakan hati.

Sumber: http://disehat.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.