Apeksindo Segera Gelar Pengukuhan Rakernas dan Expo Maritim

by -211 Views

AGM : Untuk Menyatukan Pembangunan Wilayah Kepulauan dan Pesisir

BERITAPENAJAM,NET-, Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) dalam waktu dekat ini akan menggelar Pengukuhan Rakernas pertama dan Expo Maritim dengan tema “Satu laut sejuta manfaat” yang akan diselenggarakan di Kota Balikpapan pada tanggal 21-23 Maret mendatang.

 Perihal ini dikatakan langsung  oleh Ketua umum Aspeksindo, Abdul Gafur Mas’ud (AGM) yang juga Bupati Penajam Paser Utara (PPU) ini,  saat dihubungi, Senin, (25/2) pagi tadi.

AGM mengatakan dalam Rakesnas tersebut akan membahas  tentang pembangunan wilayah kepulauan dan pesisir. Selain itu rakernas ini juga  penting untuk membentuk sebuah wadah yang akan menghimpun seluruh sumber daya yang ada di Indonesia.

“Pesisir dan laut itu kekayaan kita. Indonesia ini 79 persen adalah daerah laut dan hanya 21 persen daerah daratan. Oleh karena itu tujuan kegiatan ini yakni menyatukan dan memperjuangkan pembangunan di wilayah kepulauan dan pesisir,”jelas AGM.

Selain itu dirinya juga menambahkan perlu ada langkah dan kebijakan yang tepat untuk mewujudkan kesetaraan di Tanah Air khususnya kepulauan dan pesisir Indonesia kini dan di masa yang akan datang, karena Indonesia merupakan negara yang punya kekuatan besar di bidang maritim. “Organisasi ini sebagai wadah untuk mengabdikan diri kepada masyarakat pesisir demi membangun NKRI khususnya wilayah pesisir,”paparnya.

AGM juga mengatakan bahwa kebijakan pembangunan di daerah pesisir dan kepulauan harus senantiasa bertumpu pada upaya bagaimana memajukan daerah pesisir dan kepulauan agar masyarakat bisa menjadi sejahtera.

“Menjadi tugas kita semua memajukan daerah ini, karena dari laut kita bisa menjadi sukses,”pungkasnya.

Sementara itu Direktur Eksekutif Aspeksindo Andi Fajar Asti saat dihubungi media ini Senin (25/2/2019) menjelaskan kegiatan ini dijadwalkan akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo, selain itu juga akan di hadiri ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Menko Maritim Luhut Panjaitan, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan Susi Puji Astuti, dan Menteri lainnya.

“Selain Presiden tentu saja lebih 150 kepala daerah berbasis kepulauan dan pesisir dari seluruh Indonesia yang tergabung di Aspeksindo baik itu Bupati dan Walikota maupun Gubernur,”jelas Fajar.

Dikatakan Fajar seluruh pemerintah daerah melalui dinas perikanan dan kelautan kurang lebih 150 yang tergabung didalam Aspeksindo akan ikut serta dalam  pameran hasil produk mereka.

“Selain pameran dari dinas perikanan dan kelautan kita juga melibatkan industri, UMKM dan juga swasta,”lanjutnya. (Humas/BP02)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.