Antisipasi Hipatitis Akut, Dinkes Minta Warga Penajam Paser Utara Jalani Hidup Bersih dan Sehat

 

BERITAPENAJAM – Belakangan ini kasus misterius hepatitis akut merebak di berbagai negara. Tak terkecuali di Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan sudah ada 15 kasus hepatitis akut. Jumlah tersebut meningkat dari tiga kasus yang dilaporkan pada 27 April lalu.

Meski belum terindikasi, Pemerintah Daerah Melalui Dinas kesehatan Penajam Paser Utara (PPU) melakukan langkah antisipasi.

Kepala Dinas Kesehatan PPU, dr Jansje Grace Makisurat mengatakan pihaknya mulai melakukan tindakan pencegahan antisipasi berupa langkah-langka yakni dengan menggalakkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Wajib jaga kebersihan kemudian tingkatkan mutu kesehatan. Sama seperti pandemi Covid-19, sama seperti kita memakai masker. Bukan hanya Covid-19 tapi berbagai jenis penyakit yang ditularkan melalui saluran pernafasan. Intinya jangan lupa untuk selalu cuci tangan agar menghindari kita dari banyak penyakit,” kata dr. Grace, Selasa (12/5/2022).

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi secara tertulis melalui surat bahkan media sosial teskit dengan antisipasi Hepatitis akut misterius tersebut kepada seluruh Puskesmas yang tersebar di empat kecamatan. (yan)