Angka Pencari Kerja di PPU Tiap Tahun Meningkat Signifikan

BERITAPENAJAM.Net-Dinas Tenaga Kerja Asing dan Transmigrasi (Disnaketrans) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), melalui Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Pengawas Tenaga Kerja, Agus Dahlan mengatakan, angka pencari kerja di wilayah PPU setiap tahun dapat mengalami peningkatan yang signifikan.
“Untuk sementara sampai bulan Februari 2017 angka pencari kerja itu sebanyak 91 orang, tapi biasanya naik signifikan,” ujarnya, Senin (13/02/2017).
Ia mengungkapkan, bahwa setiap tahun lulusan SMA/SMK sederajat berkisar 1.500 orang dan tidak banyak yang melanjutkan ke perguruan tinggi.”Pencari kerja kita itu setiap tahunnya sekitar 1.500 orang, perkiraan  kita itu yang kuliah itu sekitar 20% sampai 30%. Berartikan, masih ada sekitar 1.200 orang yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi,” ungkap Agus.
Tak hanya itu, lanjut Agus Dahlan, setiap tahun lulusan dari perguruan tinggi yang mencari pekerjaan di wilayah PPU juga tergolong banyak.”Nah, itu bisa signifikan juga naiknya. Karena itu bisa 50 sampai 100 orang lulusan tiap tahunnya,” tambahnya.
Dirinya juga mengatakan, faktor banyaknya angka pencari kerja di PPU, itu juga disebabkan oleh lowongan pekerjaan (lowker) di wilayah tersebut kurang.”Di PPU ini kan, kita banyak di sektor perkebunan saja, yang lain-lain seperti batu bara itu banyak yang tutup, sehingga berimbas kepada PHK karyawan. Dan itu menjadi banyak orang yang menganggur,” kata Agus.
Berdasarkan data dari Disnaketrans jumlah pencari kerja di Kabupaten Penajam Paser Utara pada tahun 2015 mencapai 1.100 dan di 2016 sebanyak 917 dan di Februari 2017 sementara sebanyak 91 orang.
Mengenai hal tersebut, tambah Agus Dahlan, Pemerintah Daerah (Pemda) harus dapat mencari solusi untuk meminimalisir angka pencari kerja.”Ini menjadi PR kita semua, dan juga Pemerintah Daerah, bagaimana caranya agar bisa investor banyak, dan tenaga kerja banyak diserap,” tutupnya.(Toy)

Random Posts

Leave a Reply