Anggota DPRD PPU Minta Percepat Pembangunan IKN Nusantara

by -165 Views

BERITAPENAJAM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Andi Muhammad Yusup meminta pemerintah pusat untuk mempercepat realisasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku.

Beberapa infrastruktur IKN Nusantara sedang dibangun oleh pemerintah pusat, di antaranya proyek pembangunan Istana Negara, gedung kantor Kementerian, jalan tol dan infrastruktur jalan lainnya.

“Kami meminta untuk pembangunan infrastruktur IKN dipercepat agar masyarakat lebih yakin bahwa IKN Nusantara akan terwujud,” ungkapnya, Selasa (2/5/2023).

Ia juga mengingatkan kepada Pemerintah Pusat untuk mengantisipasi adanya permasalahan agraria atau lahan di IKN. Dikarenakan saat ini mulai muncul adanya pencaplokan lahan milik masyarakat maupun pemerintah di wilayah Kecamatan Sepaku.

“Adanya potensi antara masyarakat terkait dengan masalah lahan juga harus diantisipasi oleh pemerintah pusat, agar ke depannya proyek pembangunan IKN berjalan lancar,” ujarnya.

Andi menambahkan, setiap pembangunan memang kerap kali dihadapkan persoalan lahan. Karena, masyarakat menginginkan lahan diganti rugi dengan harga tinggi. Sedangkan pemerintah membebaskan lahan sesuai dengan hasil penilaian tim appraisal.

“Pemerintah harus mengidentifikasi lahan masyarakat yang akan dibebaskan. Kalau bisa lahannya dibebaskan dengan harga yang layak,” kata dia. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.