Anggota DPRD PPU Apresiasi Kodim 0913/PPU Kampanyekan Stunting 

by -16 Views

BERITAPENAJAN – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Wakidi apresiasi program Komando Distrik Militer (Kodim) 0913/PPU dalam mengampanyekan percepatan penurunan stunting di wilayah ini.

Kegiatan itu digelar Kodim 0913/PPU) dalam kegiatan kampanye percepatan penurunan stunting dan pengukuhan bapak asuh anak stunting dalam rangka Bhakti TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu Tahun 2022 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 TNI.


Kodim 0913/PPU mengkampanyekan percepatan penurunan jumlah kasus stunting

“Alhamdulillah dari Kodim 0913/PPU dengan pengukuhan bapak asuh anak stunting setidaknya mengurangi kasus stuntung di Kabupaten PPU,” Kata Wakidi, Kamis (29/9/2022).

Wakidi berharap Kodim 0913/PPU dan Forkompinda lingkup pemerintah terus mengakampanyekan percepatan penurunan kasus stunting di Kabupaten PPU.

Pasalnya, hingga saat ini tercatat ada sebanyak 897 Kasus stunting. Dari empat kecamatan yang ada di kabupaten ini kecamatan Sepaku menjadi wilayah yang paling tinggi angka kasus stunting yakni mencapai 378 kasus stunting.

“Harus dikampanyekan terus. Mudah-mudahan akan mempercepat penurunan. Yang lebih bagus mencegah munculnya stunting baru. Sebab stunting akan terus muncul tidak bisa di nol kasusnya karena ini bisa dari faktor genetik,” kata dia.

Untuk diketahui penyebab utama stunting adalah malnutrisi dalam jangka panjang atau kronis.

Kekurangan asupan gizi ini bisa terjadi sejak bayi masih di dalam kandungan karena ibu tidak mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Selain itu, anak yang kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi selama masa tumbuh kembangnya juga bisa mengalami stunting.

Bukan hanya itu, faktor sanitasi yang buruk juga menjadi salah satu penyebab terjadinya stunting. (ADV).

Penulis :Dian M.S

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.