Ampalang Bu Rahma Kelurahan Sungai Parit, Manfaatkan Ikan Bandang Laki

BERITAPENAJAM.NET-Amplang adalah sebuah jajan ringan tradisional berjenis kerupuk terbuat dari ikan, ikan yang digunakan biasanya adalah ikan Tenggiri, Ikan Belida dan lain lain. Tapi kali ini di RT 06, Kelurahan Sungai Paret, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ikan bandeng jantan (bandang laki) sebagai bahan dasar amplang tersebut.

Tidak hanya mudah didapatkan harganya pun relatif murah dibandingkan Ikan Bandeng pada umumnya. Ikan bandeng dengan tubuh lebih panjang dari ikan bandeng pada umumnya  mempunyai tekstur daging yang empuk cocok untuk dibuat jenis kerupuk. Ibu Rahma, sebagai pemilik usaha kreatif sudah cukup lama menggeluti usaha ini, kurang lebih dari 10 tahun lamanyaa, saat ini ia sudah memiliki empat karyawan.  “Dulu sempat macet, alhamdulillah ada rezeki lagi saya lanjutkan lagi usaha ini,” ungkapnya Minggu (22/09/2019)

Dirinya juga menjelaskan ikan bandeng jantan dulunya tidak memiliki nilai jual karena mulai menjamurnya usaha kreatif rumahan ini harga jual bandeng pun ada walaupun masih terjangkau. “Dulu kita tinggal datang aja ke empang kalau panen, ikan bandeng laki ini cuma dikasihkan aja sama yang punya tambak, kalau sekarang sudah banyak yang cari apalagi pengusaha amplang engga cuma saya, mau bikin jenis krupuk-krupuk,” tuturnya.

Untuk pemasaran Usaha Kecil Menengah (UMK) ini hingga ke luar kota seperti, Banjarmasin, Jogja bahkan ada pembeli dari Jepang yang sempat mampir membeli “Amplang Ikan Bandeng Bu Rahma”.  Saat ini produk belum berlabelkan halal masih dalam proses ke dinas terkait. Dirinya juga berharap agar diperhatikan oleh pemerintah seperti diadakannya pelatihan atau pembinaan dibidang usaha kreatif seperti ini, karena amplang buatanya cukup familiar di Kabupaten PPU saat ini. (sr5)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Tohar Serahkan 123 SK Kepala Sekolah di PPU

BERITAPENAJAM.NET-Amplang adalah sebuah jajan ringan tradisional berjenis kerupuk terbuat dari ikan, ikan yang digunakan biasanya adalah ikan Tenggiri, Ikan Belida dan lain lain. Tapi kali ini di RT 06, Kelurahan Sungai Paret, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ikan bandeng jantan (bandang laki) sebagai bahan dasar amplang tersebut. Tidak […]

Subscribe US Now

%d blogger menyukai ini: