AGM Pimpin Upacara Hari Kesehatan, HUT PGRI, HGN dan HUT Korpri

BERITAPENAJA.Net- Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud (AGM) pimpin upacara Hari Kesehatan ke-54, HUT PGRI ke-73 dan Hari Guru Nasional (HGN) serta  HUT Korpri ke-47 tahun 2018 di Kabupaten PPU. Pelaksanaan peringatan sejumlah hari besar ini dilaksanakan sekaligus dalam satu upacara, Kamis, (29/11) yang dipusatkan di halaman depan Kantor Bupati PPU.

Usai upacara ini, AGM juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada sejumlah  ASN di lingkungan Pemkab PPU diantaranya piagam Penganugrahan Tanda Kehormatan dari Presiden RI berupa Satya Lencana Karya Satya 10 Tahun, 20 Tahun dan 30 Tahun. Ada juga penyerahan secara simbolis buku karya guru-guru berupa buku fiksi dan non fiksi  serta sejumlah penghargaan lainnya.

Dalam sambutannya AGM juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada segenap tenaga kesehatan, Guru dan anggota KorpriI yang telah mampu bersinergi melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan guna mensukseskan ke-tiga perayaan Hari Nasional tersebut di Kabupaten PPU.

“ Tidak lupa pula, saya juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada segenap tenaga kesehatan, Guru dan anggota Korpri dimanapun anda bertugas, karena saudara-saudara telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam mengemban tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” kata AGM.

Terkait hari kesehatan AGM mengatakan bahwa kehadiran peran dan fungsi pemerintah melalui aparaturnya dalam kelembagaan yang mempunyai tugas pokok dan fungsi disektor kesehatan menjadi penting dan menjadi sebuah keniscayaan. Terutama melalui upaya-upaya persuasif, edukatif dan promotif. Tereduksinya fungsi tindakan kuratif dari waktu ke waktu merupakan salah satu indikator membaiknya derajat kesehatan masyarakat.

Permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia diantaranya masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular menjadi tantangan tersendiri. Ini harus segera diselesaikan jika ingin meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang.

“Saya minta kepada jajaran Dinas Kesehatan yang melaksanakan urusan teknis Pemerintahan di sektor kesehatan, kiranya dapat mengambil peran yang optimal dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dimaksud,” pintanya.

Terkait momentum HUT PGRI ke-73 dan HGN, AGM minta kepada seluru ASN didalamnya untuk  kilas balik terhadap fungsi dan peran guru sebagai bagian dari komponen utama dalam kontek pembangunan sumber daya manusia. Tantangan terhadap upaya peningkatan kualitas SDM ke depan makin banyak dan kompleks, sehingga memerlukan strategi, metodologi dan satu hal yang pasti adalah membangun sinergi dari berbagai lini yang bermuara pada penciptaan kondisi, dimana upaya peningkatan SDM melalui pendidikan yang berkarakter mendapat proporsi yang memadai.

“ Melalui HUT PGRI ke-73 dan Hari Guru Nasional Tahun 2018, hendaknya kita jadikan sebagai refleksi, apakah guru-guru kita sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya,” ujarnya.

Selanjutnya berkenaan dengan HUT KORPRI sambung AGM, bahwa KORPRI sebagai salah satu pengejawantah fungsi Negara bagi masyarakatnya. Oleh karena itu, sekecil apapun tugas yang diemban oleh seorang anggota KORPRI harus disadari benar, bahwa pada dasarnya Korpri sedang melaksanakan tugas Negara.

Korpri yang semakin dewasa harus diiringi dengan kualitas aparatur negara yang semakin meningkat dalam upaya menjalankan tugasnya. Karena hanya kualitas SDM dan sumber daya aparatur yang terbaik, yang menjadi salah satu faktor kunci suksesnya pembangunan.

“Oleh karena itu, saya minta kepada aparatur pemerintah, harus dan secara terus menerus meningkatkan kompetensinya guna menunjang kualitas kinerjanya, agar ke depan masyarakat semakin puas dengan pelayanan yang diberikan,” tutupnya. (Humas6)

.

Random Posts

Leave a Reply