Abrasi Pantai Nipah-Nipah Berimbas Pada Petani Rumput Laut

by -246 Views

BERITAPENAJAM.Net– Abrasi yang mengikis kawasan daratan pesisir pantai Kelurahan Nipah-nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengakibatkan sejumlah pondok tani rumput laut terancam ambruk.

Abrasi yang terjadi di pesisir pantai tersebut berimbas pada sejumlah pondok tani rumput laut. Dari pantauan Beritapenajam.Net, sebagian pondok sudah ada yang miring. Salman (51) salah satu petani rumput laut mengungkapkan, bahwa semenjak terjadinya abrasi, banyak kelompok tidak dapat menempati pondok mereka.

“Semenjak abrasi ini, teman-teman sudah tidak nempati pondok itu lagi, karna posisi pondok sudah miring, jadi semua tidak berani nempati,” ungkapnya, selasa (20/12/2016).

Dirinya juga menambahkan terkait erosi pantai yang terjadi, membuat kelompok tani rumput laut kesulitan, karena jarak rumah mereka yang jauh dari pantai tersebut. “Yang biasanya kita tinggal di pondok ini berhari-hari, sekarang mesti pulang balik. Dan jarak rumah kami ke pantai ini lumayan jauh,” terangnya. (Toy/Min)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.