9 Rumah Warga di Desa Api – Api PPU Rusak, Diterjang Angin Puting Beliung

BERITAPENAJAM, – Angin puting beliung menerjang pemukiman rumah warga Jalan Nelayan, Desa Api – Api RT 03 Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Akibatnya sembilan rumah warga terdampak, dua rumah diantaranya rusak berat, tujuh rumah mengalami rusak ringan. Peristiwa angin puting beliung juga memakan satu korban jiwa yang terkena pecahan kaca jendela.

Menurut laporan warga setempat, peristiwa tersebut terjadi pukul 19:50 beberapa saat sebelumnya diguyur hujan deras di Desa Api – Api dan sekitarnya.

Menurut informasi yang dirangkum, dua rumah yang mengalami rusak berat berada di perumahan nelayan milik Almiah dan Sapri. Kondisi rumah Almiah rusak parah bagian teras dan bagian rumah utama atapnya terbang terbawa angin. Sementara kondisi rumah milik Sapri yang dihuni oleh lima jiwa mengalami kerusakan serupa kedua rumah tersebut dari kayu.

Kemudian tujuh rumah lainnya mengalami kerusakan ringan. Kepala Pelaksana atau Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) PPU Marjani, Saat dikonfirmasi ia membenarkan peristiwa ini sembilan rumah yang terdampak di Desa Api – Api Kecamatan Waru.

” Total korban terdampak dalam kejadian ini sebanyak empat puluh jiwa, sembilan rumah dan memakan korban satu jiwa yang cukup parah terkena pecahan kaca dibagian kaki akibat dari puting beliung ini,” ungkapnya kepada media ini.

BPBD PPU bersama tim dilapangan lainnya turut membersihkan piung – piung asbes yang berserakan di pemukiman warga tersebut. Untuk itu, kebutuhan warga sementara yakni terpal sebagai penutup atap rumahnya yang terbang terbawa angin. (bp1).