9 Manfaat Positif Memelihara Kucing Menurut para Ahli

BERITAPENAJAM.NET-, Kucing terkenal sebagai hewan imut dan lucu. Sehingga tak aneh jika banyak orang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. Pemeliharaannya cukup mudah dibanding hewan lainnya. Bahkan kucing termasuk hewan yang bersih.

Tapi sadarkah kamu kalau memelihara kucing ternyata dapat membawa banyak manfaat bagi pemiliknya. Yuk lihat apa saja manfaat yang didapat dengan merawat hewan menggemaskan ini, dilansir dari Telegraph.co.uk.

1. Memelihara kucing dapat mengatasi rasa sakit akibat kehilangan

Orang yang memelihara kucing mampu mengatasi rasa sakit kehilangan lebih cepat, dibanding orang yang tidak memelihara kucing. Kehadiran kucing dapat memberi dukungan pada masa-masa sulit.

Karena seseorang dapat mencurahkan isi hatinya tanpa perlu takut dengan respon, atau penilaian seperti ketika berhadapan dengan sesama manusia.

2. Pria yang memelihara kucing terlihat lebih menarik

Jajak pendapat Inggris menemukan bahwa 82 persen perempuan setuju bahwa mereka lebih tertarik pada pria yang menyukai hewan. Dan pria yang memelihara kucing dianggap memiliki karakter yang baik dan lebih peduli, serta tampak lebih baik dari pada pria yang tidak memelihara hewan sama sekali.

3. Orang yang memelihara kucing umumnya adalah orang-orang yang cerdas

Hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Bristol pada tahun 2010 menyebutkan, bahwa orang yang memiliki kucing lebih cenderung memiliki gelar sarjana, daripada teman-teman mereka yang mencintai anjing.

Pada tahun 2014, seorang peneliti di Wisconsin juga mensurvei 600 mahasiswa dan menemukan bahwa pemilik kucing juga benar-benar lebih cerdas.

4. Memelihara kucing baik untuk kesehatan jantung

medium.com

Kucing mampu menurunkan tingkat stres dan menurunkan jumlah kecemasan. Membelai kucing memiliki efek menenangkan yang positif. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang memelihara kucing memiliki kemungkinan serangan jantung 30 persen lebih kecil, dibanding orang yang tidak memelihara kucing.

5. Adanya ikatan yang nyata antara pemilik dan hawan peliharaan

Tak hanya anjing, Kucing ternyata bisa menjadi teman manusia. Kucing bisa mengingat kebaikan yang diberikan kepadanya dan membalas kebaikan tersebut. Seseorang juga sulit untuk mengabaikan kucing ketika hewan ini mengeong.

6. Secara tidak langsung mampu menunjukkan kepribadian seseorang

Pencinta kucing umumnya adalah individu yang lebih tenang dan lebih introvert. tapi kelebihannya dia adalah orang yang lebih dapat dipercaya jika dibanding dengan pencinta anjing. Pemilik kucing juga kurang manipulatif dan tampil lebih sederhana.

7. Kucing bisa membuat tidur lebih nyenyak

zenskisvet.si

Beberapa penelitian dan jajak pendapat di Inggris memperlihatkan bahwa orang (Terutama wanita) lebih suka tidur dengan kucing mereka, daripada dengan pasangannya, dan mereka bahkan melaporkan tidur lebih nyenyak dengan kucing daripada manusia.

8. Anak-anak yang memelihara kucing memiliki daya tahan yang lebih besar terhadap alergi

Pada tahun 2002, National Institutes of Health merilis sebuah penelitian, menemukan anak-anak di bawah usia satu tahun yang terpapar dengan kucing lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan alergi mereka, baik alergi terhadap hewan maupun hal lainnya.

9. Kucing dapat menjadi hewan penyelamat

Meskipun hanya hewan yang tingkat kecerdasannya jauh di bawah manusia, nyatanya ada banyak cerita tentang kucing yang menyelamatkan pemiliknya. Seperti kucing di Montana membangunkan pemiliknya ketika sebuah pipa gas mulai bocor.

Bahkan kucing bernama Simon yang berada di kapal HMS Amethyst pada tahun 1949, menerima medali Dickin atas jasanya mengamankan pasokan makanan dari ancaman tikus, serta memberikan dukungan moral bagi para pelaut yang masih hidup padahal kondisinya saat itu juga terluka akibat ledakan.

https://www.idntimes.com/science/experiment/hendria-1/manfaat-memelihara-kucing-c1c2/full

Random Posts

Leave a Reply