9 Makanan Untuk Meningkatkan Tinggi Badan

BERITAPENAJAM.Net– Pada dasarnya, ukuran tinggi badan seseorang ditentukan oleh keturunan atau genetik, dan kebanyakan orang meyakini pertumbuhan tinggi seseorang akan berhenti setelah mencapai usia 18 tahun. Namun, ada berbagai hal yang bisa mempengaruhi pertumbuhan seseorang untuk bisa menambah ukuran tinggi badan, walaupun hanya beberapa inci saja. Dan bahkan hal tersebut berpengaruh pada orang yang tidak pubertas lagi. Hal tersebut adalah menerapkan hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat dan olahraga secara rutin.

Berikut adalah beberapa makanan untuk meningkatkan tinggi badan.

Produk olahan susu

Salah satu makanan yang populer untuk meningkatkan tinggi badan adalah susu dan produk olahan susu, misalnya keju,

yogurt dan produk lainnya. Jenis makanan ini penting sekali dalam pertumbuhan, karena mengandung nutrisi penting untuk menambah tinggi badan, seperti kalsiu, protein dan vitamin A, B, D dan E.

Kalsium sangat penting dalam pertumbuhan dan pemeliharan tulang, sedangkan vitmain D penting untuk penyerapan kalsium ke dalam tubuh dari beragam makanan. Jadi, pastikan untuk meminum susu setidaknya 2 gelas susu setiap hari dan termasuk produk susu lainnya.

Telur

Telur dapat mudah untuk didapatkan dan kandungan proteinnya juga sangat tinggi, yang baik untuk pertumbuhan. Telur juga merupakan sumber terbaik vitamin D, kalsium dan vitamin B2. Kandungan tersebut dapat membantu mengembangkan tulang yang kuat.

Daging ayam

Apabila kalian yang berumur 25 tahun ingin menambah tinggi badan, daging ayam adalah pilihan yang tepat. Ayam merupakan salah satu sumber alami terbaik protein yang bisa membantu membangun jaringan tubuh dan otot.

Konsumsilah daging ayam dengan ukuran 50 gram setiap harinya untuk menambah tinggi badan.

Kedelai

Jenis kacang-kacangan ini merupakan makanan yang bergizi tinggi yang mampu memberikan dorongan terhadap tinggi badan, bila dikonsumsi setiap hari. Kandungan dalam kedelai kaya akan protein, folat, vitamin, serat dan karbohidrat yang membuat kedelai sebagia makanan untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Protein dalam kedelai juga bisa meningkatkan massa tulang dan jaringan kepadatan yang diperlukan untuk meningkatkan tinggi badan.

Untuk meningkatkan tinggi badan bisa mengonsumsi 50 sampai 55 gram kacang kedelai setiap harinya. Produk olahan susu kedelai juga bisa menjadi alernatif.

Pisang

Buah yang kaya akan mineral ini tidak hanya populer untuk orang diet saja, namun juga untuk orang yang ingin menambah tinggi badan. Karena pisang ini kaya akan kalsium, kalium, mangan dan bakteri probiotik.

Kalsium yang hadir dalam pisang dapat melindungi tulang dan gigi serta bisa menetralisir dampak negatif dari sodium pada tulang. Dan juga bisa membantu dalam mempertahankan konsentrasi kalsium tulang. Mangan yang ditemukan dalam pisang bisa meningkatkan kesehatan tulang dan metabolisme. Pisang ini juga mampu mencegah penipisan tulang dan membantu mengembangkan kekuatan tulang.

Bubur gandum atau oatmeal

Jenis makanan dari gandum ini memiliki kandungan protein yang menakjubkan, protein tersebut penting untuk tingkatkan tinggi badan dan meningkatkan massa otot. Dan juga bisa membantu memperbaiki tulang dan meningkatkan pembentukan jaringan baru.

Asam amino yang ditemukan pada makanan yang kaya protein juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan fungsi tubuh yang optimal. Penuhilah asupan bubur gandum sebesar 50 gram setiap hari dalam sarapan, untuk menambah tinggi badan.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kedua jenis makanan ini bisa membantu dalam meningkatkan tinggi badan secara efektif. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond dan biji-bijian seperti biji labu, biji rami mengandung mineral penting untuk tubuh. Lemak sehat dan asam amino juga hadir dalam dua makanan ini, sehingga bisa membantu dalam memperbaiki jaringan tubuh dan meningkatkan pembentukan jaringan baru.

Nutrisi dalam kedua makanan tersebut mampu mengoptimalkan pertumbuhan dengan merangsang hormon pertumbuhan dalam tubuh. Selalu konsumsi kedua jenis makanan setiap hari.

Sayuran berdaun hijau

Salah satu makanan terbaik yang bermanfaat untuk menambah tinggi badan adalah sayuran berdaun hijau segar, yang berisi semua mineral esensial, vitamin, karbohidrat, dan serat. Sayuran ini diperlukan untuk merangsang hormon pertumbuhan dalam tubuh yang pada gilirannya dapat membantu dalam meningkatkan tinggi badan.

Beberapa sayuran hijau yang harus dikonsumsi untuk meningkatkan tinggi badan adalah bayam, collard hijau, brokoli, kacang polong, kubis Brussel, okra, dll

Ikan

Terdapat beradam ikan yang bisa dijadikan sebagai pendorong tinggi badan. Misalnya salmon, tuna, sarden, ikan-ikan tersebut kaya akan protein dan vitamin D, yang keduanya dibutuhkan untuk pertumbuhan tinggi badan. Vitamin D dalam ikan bisa tingkatkan penyerapan kalsium dari sumber makanan yang dikonsumsi dan juga untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang serta untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Protein membantu dalam memperbaiki jaringan tubuh dan mencegah erosi tulang yang disebabkan oleh keausan.

9 makanan untuk meningkatkan tinggi badan tersebut tidak akan pernah bekerja, apabila tidak diimbangi dengan olahraga yang harus dilakukan secara rutin.

Sumber: www.kabarherbs.com (Nur/Min)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Dinas Pendidikan Akan Terapkan Full Day School

Sel Jan 3 , 2017
BERITAPENAJAM.Net– Pada dasarnya, ukuran tinggi badan seseorang ditentukan oleh keturunan atau genetik, dan kebanyakan orang meyakini pertumbuhan tinggi seseorang akan berhenti setelah mencapai usia 18 tahun. Namun, ada berbagai hal yang bisa mempengaruhi pertumbuhan seseorang untuk bisa menambah ukuran tinggi badan, walaupun hanya beberapa inci saja. Dan bahkan hal tersebut […]
%d blogger menyukai ini: