60 Hektar Sawah Terendam Banjir Terancam Gagal Panen

by -204 Views

BERITAPENAJAM.Net– Tingginya intensitas hujan yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang menyebabkan permukiman penduduk terendam banjir sebanyak 41 Rumah dan 151 Jiwa di Kelurahan Waru, juga berdampak pada lahan pertanian.

Informasi yang dihimpun Beritapenajam, yang terendam banjir adalah area persawahan di wilayah Desa Sesulu Kecamatan Waru Kabupaten PPU.

Kasubid Logistik Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nurlaila mengatakan bahwa dampak dari bencana banjir tersebut selain permukiman rumah warga yang terendam banjir juga mengakibatkan lahan sawah yang ikut terendam banjir. “Kami mendapatkan laporan bahwa sekitar 5 hektar kebun sayuran hortikultura dan 60 hektar lahan padi yang terendam banjir,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Sekertaris Desa Sesulu Supianto Umar juga mengatakan bahwa dampak dari lahan yang terendam dapat mengakibatkan gagal panen. “Jika keadaannya seperti ini dengan ketinggian air mencapai paha orang dewasa tidak menutup kemungkinan terjadi gagal panen. Jika kondisi itu tak diantisipasi, akan dapat mempengaruhi tingkat produksi gabah dan beras, yang akan berdampak langsung pada penghasilan petani yang menggantungkan hidup dari lahan tersebut,” pungkasnya. (Pad/nit)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.