6 Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

by -212 Views

BERITAPENAJAM.Net– Pada jaman seperti ini, siapa yang tidak mengenal apa itu headset? Ya, headset sepertinya sudah merupakan salah satu hal yang tak bisa dilepaskan dari para pecinta musik dan juga penikmat audio lainnya. Headset memberikan privasi yang lebih baik dibandingkan menggunakan speaker besar dan dapat memberikan pengalaman mendengarkan audio yang baik.

Headset sendiri bukanlah barang baru. Sejak radio dan juga pemutar music portable mulai booming dan banyak digunakan, saat itulah headset ikut berkembang. Headset sendiri hingga saat ini sudah terdiri dari ribuan jenis dan juga tipe, dengan harga yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan headset yang murahan, dengan harga 10 ribu rupiah, hingga yang kelas premium dengan harga lebih dari jutaan rupiah, dengan kualitas yang luar biasa tentunya.

Apa saja bahaya apabila menggunakan headset terlalu lama?

Penggunaan headset pada dasarnya tidak boleh terlalu lama, sama seperti menonton televisi dan juga menatap layar komputer yang ada batasnya. Untuk menggunakan headset, usahakan jangan menggunakan headset selama 4 jam berturut-turut karena berbahaya. Berikut ini adalah bahaya menggunakan headset terlalu lama :

Dapat membuat telinga mendengung
Bahaya pertama dari menggunakan headset yang telalu lama adalah dapat menyebabkan telinga menjadi mendengung. Telinga yang mendengung akan menyebabkan kita merasa tidak nyaman dengan pendengaran kita. Hal ini mirip seperti ketika kita melakukan perjalanan jauh atau ketika naik pesawat. Hal ini terasa seperti terjadi perubahan tekanan udara di sekitar kita.

Untuk mengatasi hal ini, cukup mudah dilakukan anda dapat menahan nafas anda sambil memencet hidung anda. Lalu tiup sambil tetap memencet hidung anda. Maka telinga anda yang terasa mendengung tersebut akan segera pulih kembali.

Menyebabkan tuli sesaat
Terlalu lama menggunakan headset, selain dapat menyebabkan telinga yang menjadi mendengung dan juga tidak nyaman, juga akan menyebabkan terjadinya “tuli sesaat”. Apabila terlalu sering dilakukan dengan kuantitas suara yang sangat besar, hal ini malah akan menyebabkan anda mengalami tuli secara permanen. jadi usahakanlah agar penggunaan headset anda dibatasi dalam sehari, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tidak awas dengan keadaan lingkungan sekitar
Bahaya menggunakan headset terlalu lama adalah kurang awas dengan keadaan dan lingkungan sekitar. Penggunaan headset menyebabkan perhatian kita akan terfokus pada suara yang keluar dari headset saja. Hal ini akan menyebabkan diri kita menjadi tidak awas dan juga cenderung mengabaikan dunia luar dan dunia sekitar kita.

Dengan menggunakan headset, kita cenderung menjauh dari lingkungan sosial dan tidak ingin berinteraksi dengan lingkungan kita. Saat menggunakan headset yang terlalu lam,  sama seperti ungkapan ‘ menutup telinga akan dunia luar.

Memperbesar resiko terjadinya kecelakaan
Merupakan dampak terburuk dari penggunaan headset yang terlalu lama. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan headset yang terlalu lama menyebabkan kita menjadi kurang awas dan cenderung mengabaikan dunia sekitar kita. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan penyebab kematian  mendadak.

Beberapa hasil statistik menunjukkan bahwa angka kecelakaan salah satunya disebabkan karena seseorang tidak peduli dan tidak awas dengan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut dikarenakan asik menggunakan headset terlalu lama, sehingga tidak dapat fkcus dan pada akhirnya malah menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Dapat menyebabkan kuman masuk melalui telinga
Masalah lainnya yang berbahaya dai penggunaan headset yang telalu lama adalah kuman. Headset merupakan salah satu alat yang memiliki kandungan kuman yang tinggi. Ini disebabkan karena headset merupakan salah satu alat yang sering diletakkan pada udara terbuka tanpa perlindungan dan juga jarang mengalami pembersihan alias dicuci.

Hal ini menyebabkan headset merupakan salah satu sarang dari tempat tinggal kuman dan juga bakteri. Saat memakai hedset terlalu lama, itu artinya kuman dan bakteri akan bebas masuk ke dalam tubuh anda melalui telinga. Hal inilah yang menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan, salah satunya dapat berupa peradangan pada telinga.

Telinga mengalami kelelahan
Beberapa orang yang merupakan pecinta audio menyebut hal ini dengan istilah ear fatigue. Ya, kelelahan telinga merupakan kondisi dimana telinga terlalu banyak menerima stimulus dari suara secara bersamaan dan terus menerus. Kelelahan pada telinga ini dapat menyebabkan daun telinga terasa perih dan sakit. Hal ini kemudian juga dapat menyebabkan telinga kita menjadi terasa tidak nyaman dan terasa agak sulit dalam menangkap gelombang suara.

Itulah bahaya dari penggunaan headset yang terlalu lama. Semoga dengan adanya artikel ini, wawasan anda menjadi semakin bertambah.

Sumber: http://halosehat.com/
Sumber gambar : http://www.vemale.com

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.