Tips Mengisi Waktu Luang dengan Hal-Hal yang Bermanfaat

by -42 Views
Tips Mengisi Waktu Luang dengan Hal-Hal yang Bermanfaat. (dok.beritapenajam)

BERITAPENAJAM.NET, – Tahukah kalian apa sumber daya yang paling berharga dalam hidup kalian itu adalah waktu. Kualitas dan tingkat kehidupan setiap orang tergantung pada cara mereka menghabiskan waktu dan menjadwalkan aktivitas yang akan mereka lakukan setiap harinya. Waktu adalah bentuk di mana aktivitas fisik dan mental berlangsung. Konsep waktu digunakan baik dalam fisika maupun filsafat. Terlepas dari kenyataan bahwa setiap orang tahu bahwa satu hari memiliki 24 jam, satu jam memiliki 60 menit, dan satu menit memiliki 60 detik.

Pengertian waktu kita bersifat individual dan dapat berubah sepanjang hari dan selama beberapa bagian dari masa hidup kita. Paling sering kita mendengar keluhan dari orang lanjut usia yang mengklaim bahwa hari-hari menjadi jauh lebih pendek daripada sebelumnya. Jelas, ini adalah sensasi subjektif mereka yang berhubungan dengan fakta bahwa kehidupan orang lanjut usia sering kali agak monoton dalam menjalani hidup dibandingkan orang yang lebih muda.

Gagasan tentang persepsi waktu dapat diterapkan dalam praktik dan memanfaatkannya. Jika kita mengisi otak kita dengan informasi baru, waktu ekstra yang diperlukan untuk memprosesnya akan membuat kita merasa bahwa waktu bergerak jauh lebih lambat dan hari akan terasa jauh lebih lama sebagai hasilnya. Kalian juga akan merasakan manfaat dari hari-hari yang telah kalian lalui. Berikut lima cara untuk mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat :

  1. Belajar

Membaca, mengikuti berbagai informasi, menguasai pengetahuan dan keterampilan baru akan memberikan banyak bahan pemikiran baru yang akan membuat waktu terasa berjalan lebih lambat. Waktu tidak akan terasa sia-sia karena belajar akan memberikan manfaat yang berguna untuk kehidupan di masa depan. Ilmu yang kita dapatkan juga dapat digunakan sebagai modal dan kekuatan untuk menjalani hidup. Baik untuk kalian yang masih bersekolah atau sudah bekerja, ilmu pengetahuan akan diterapkan kapan dan di mana pun. Manfaatkan hari-hari kalian dengan melihat informasi-informasi yang berguna agar menjadi suatu kebiasaan positif.

  1. Mengunjungi Tempat Baru

Informasi, orang, bau, suara, warna, dan suasana baru perlu diproses oleh otak ketika kalian pergi ke tempat yang belum pernah kalian kunjungi sebelumnya. Ini tidak harus selalu berupa perjalanan. Kalian bisa mengubah lingkungan dengan membawa pekerjaan kalian ke kafe, memilih restoran baru untuk makan malam, atau mengubah rute berjalan-jalan setiap hari. Tempat-tempat baru akan membuat suasana dan hari-hari kalian tidak terasa monoton.

  1. Mengenal Orang Baru

Komunikasi dengan orang lain, terutama yang baru dikenal membutuhkan kekuatan dan energi yang cukup besar, karena kalian perlu memahami dan “memproses” mereka. Bersosialisasi juga merupakan metode pelatihan yang sangat baik untuk otak. Selain itu berkomunikasi dengan orang baru memberi kita banyak informasi baru, baik tentang mereka maupun dari mereka. Akan ada banyak hal-hal baru yang kalian dapatkan dan fakta bahwa setiap orang menjalani hidup dengan cara mereka masing-masing.

  1. Mencoba Hal Baru

Aktivitas baru yang terkait dengan sensasi baru yang jelas juga meningkatkan perasaan dan membuat otak lebih aktif. Ini bisa berupa olahraga baru atau hobi baru, ketika otak memerhatikan setiap hal kecil dan waktu akan terasa lebih lama. Mungkin aktivitas baru dapat menjadi kegiatan positif atau hobi yang bermanfaat untuk mengisi waktu-waktu luang kalian ke depan. Carilah hal baru yang sesuai dengan apa yang kalian sukai dan dapat kalian jangkau atau lakukan.

  1. Lakukan Banyak Kejutan

Kejutan membantu hati kita bahagia dan memberikan sensasi yang luar biasa. Kalian harus mengejutkan otak kalian dengan beberapa kejutan seperti bepergian secara mendadak atau membeli sesuatu tanpa direncanakan sebelumnya. Kadang melakukan sesuatu secara spontan memberikan warna baru dalam aktivitas sehari-hari dan juga dalam hidup. Namun pastikan lagi apa yang kalian lakukan itu memberikan manfaat yang positif.

Sumber : Liputan6

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.