5 Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh

by -167 Views

BERITAPENAJAM.Net– Telur dapat kita jadikan cara termudah, termurah, dan paling serbaguna, untuk mendapatkan asupan protein. Telur juga mengandung asam amino, antioksidan, dan zat besi. Tapi apakah Anda mengetahui lima manfaat yang diberikan telur bagi tubuh kita?

Menurut ahli gizi, sebaiknya kita membeli telur organik bila ingin mengonsumsinya. Tapi kita perlu memperhatikan telur tersebut harus bebas dari antibiotik, vaksin, dan suntik hormon.  Tidak hanya di putih telur saja. Pada kuning telur juga terdapat kolin,  nutrisi yang dapat melawan lemak. Berikut ini adalah 5 manfaat telur bagi kesehatan tubuh kita:

1. Meningkatkan sistem imun. Telur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Satu telur besar mengandung nutrisi yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Telur juga mengantur hormon tiroid pada tubuh kita. Telur sebenarnya sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Hal ini menjaga terserang dari keshan disease and kashin-Beck disease. Dua kondisi yang dapat mempengaruhi hati, tulang, dan sendi.

2. Meningkatkan profil kolestrol. Sebelumnya, kolestrol terdiri dari dua jenis. Yaitu HDL (baik) dan LDL (jahat). Satu telur besar mengandung  212 mg kolestrol. Tapi bukan berarti telur akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Telur juga dapat meningkatkan profil kolestrol pada tubuh kita. Telur  meningkatkan HDL sambil meningkatkan ukuran partikel LDL.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung. Kolestrol LDL dikenal dengan kolestrol “buruk”. Hal ini dikarenakan partikel LDL mengirim molekul lemak mereka ke dalam dinding arteri. Sedangkan HDL, dapat menghapus molekul lemak dari dinding arteri. Namun, tidak semua ukuran partikel LDL sama dalam tubuh. Partikel LDL yang besar baik untuk tubuh kita. Studi menunjukkan, orang yang memiliki partikel LDL yang kecil, memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, dibandingkan orang-orang yang memiliki partikel LDL yang besar.

4. Kulit dan rambut akan terjaga. Telur mengandung vitamin B kompleks. Vitamin ini berguna untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, dan hati. Selain vitamin B2, telur juga kaya akan B5 dan B12. Mereka membantu untuk memastikan fungsi yang tepat dari sistem saraf.

5. Melindungi otak. Di dalam telur terdapat nutrisi yang disebut kolin. Ini adalah komponen dari membran sel dan diperlukan untuk mensintesis acetylcholine, neurotransmitter. Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya kolin dikaitkan dengan gangguang neurological dan penurunan fungsi kognitif.

Sumber: http://nationalgeographic.co.id

Sumber gambar: merdeka.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.