13 Alasan Pentingnya Membaca Setiap Hari

by -552 Views

BERITAPENAJAM.Net – Seperti banyak hobi lain, membaca adalah hobi luar biasa. Semua orang pasti setuju bahwa membaca sehari-hari membantu memperkaya pengetahuan. Tapi bagaimana itu? Nah, kita lihat beberapa alasan mengapa penting membaca setiap hari dan Anda akan mendapatkan jawabannya.

1. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
Manfaat yang satu ini mungkin sudah sering kita dengar semenjak kita masih kecil. Kita pasti ingat berapa kali guru-guru kita mengingatkan bahwa membaca adalah satu sarana untuk membuka cakrawala dunia. Dengan memiliki banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, kita akan lebih percaya diri dalam menatap dunia. Mampu menyesuaikan diri dalam berbagai pergaulan dan tetap bisa bertahan dalam menghadapi gejolak zaman.

2. Membantu untuk mengasah kecerdasan
Otak ibarat sebuah pedang, semakin diasah akan semakin tajam. Kebalikannya jika tidak diasah, juga akan tumpul. Ini adalah fakta terbukti kebenarannya bahwa semakin Anda berpikir, semakin cerdas. Membaca membuat otak Anda aktif. Ketika Anda menonton TV atau mendengarkan musik, itu hanya menenangkan pikiran Anda, tetapi tidak benar-benar memaksa Anda untuk berpikir. Di sisi lain, membaca buku melakukan keduanya.

3. Meningkatkan kosakata
Menurut para ahli, keuntungan dari membaca dapat memberikan dampak yang menyenangkan bagi otak kita. Membaca juga membantu meningkatkan keahlian kognitif dan meningkatkan perbendaharaan kosakata karena banyak kata dan frase yang mungkin belum pernah Anda dengar. Terlepas dari memahami arti kata-kata dan frase, juga menunjukkan Anda bagaimana untuk menggunakannya.

4. Membantu untuk meningkatkan keterampilan komunikasi
Tak perlu dikatakan betapa pentingnya keterampilan komunikasi berperan dalam kehidupan seorang individu. Membaca adalah cara yang paling dianjurkan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi Anda. Orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, selalu cenderung banyak membaca.

5. Bermanfaat meningkatkan konsentrasi
Saat Anda membaca buku, kegiatan ini memaksa Anda untuk melupakan segala sesuatu yang lain. Ini adalah metode yang bagus untuk mengalihkan perhatian Anda bahkan ketika Anda sedang stres karena sesuatu. Tidak seperti menonton TV atau berkebun, ketika Anda membaca buku, Anda tidak dapat berpikir tentang sesuatu yang lain pada waktu yang sama. Oleh karena itu, seiring berjalannya waktu, konsentrasi Anda akan menjadi lebih baik dan fokus.

6. Membantu untuk menenangkan pikiran Anda
Terlepas dari yoga dan cara lain meditasi, membaca adalah metode luar biasa yang dapat Anda gunakan. Ini akan membantu Anda untuk menjaga pikiran Anda tetap tenang dan melupakan segala sesuatu yang lain. Karena itulah, membaca diyakini menjadi alternatif lain baik pada saat Anda merasa bosan..

7. Membantu meningkatkan daya ingat
Penelitian telah membuktikan bahwa jika Anda tidak menggunakan memori Anda selama periode waktu, Anda akan cenderung tidak mengingat hal-hal. Ketika Anda membaca, itu adalah semacam latihan untuk melatih memori Anda. Karena membaca melibatkan mengingat plot, karakter, dan rincian lainnya untuk memahami bagian akhir, maka hal itu untuk meningkatkan memori Anda.

8. Menjaga pikiran Anda dari kekhawatiran yang tidak perlu
Bila Anda memiliki keinginan yang menarik, pikiran Anda cenderung tidak sabar atau kadang memiliki kekhawatiran tentang segala sesuatu. Membaca adalah metode yang baik untuk menghindari stres yang tidak diinginkan tersebut. Membaca membuat pikiran Anda sibuk dan hanya memikirkan momen saat ini.

9. Membaca adalah penghibur yang baik
Mengapa menghamburkan uang untuk jalan-jalan ketika Anda sudah mendapat sebuah buku bacaan? Setiap kali Anda merasa bosan, ambil sebuah buku yang bagus dan mulai membaca. Bisa juga Anda membaca kitab suci untuk membunuh rasa jenuh. Pasti, Anda tidak akan menyadari betapa jam lewat begitu cepat.

10. Meningkatkan pemahaman
Contoh nyata dari manfaat ini banyak dirasakan oleh siswa maupun mahasiswa. Di mana membaca dapat meningkatkan pemahaman dan memori, yang semula tidak mereka mengerti menjadi lebih jelas setelah membaca. Logika sederhana saja, tidak mungkin siswa atau mahasiswa memahami materi pelajaran/kuliah kalau mereka tidak membaca. Dari sini jelas bahwa membaca sangat berperan dalam membantu seseorang untuk meningkatkan pemahamannya terhadap suatu bahan/materi yang dipelajari.

11. Membaca membuat Anda semakin bijaksana
Membaca membantu Anda untuk memahami perspektif orang lain pada hal-hal. Ini membuat Anda belajar dari pengalaman dan kesalahan orang lain. Selain memberi Anda pengetahuan, juga memberikan Anda hikmah.

12. Membangun kepercayaan diri
Membaca membuat Anda bijaksana, cerdas, berpengetahuan dan juga meningkatkan keterampilan komunikasi. Kualitas ini secara otomatis akan membuat Anda merasa lebih percaya diri diantara orang-orang. Anda akan dapat melibatkan diri dalam percakapan dengan hampir semua orang karena Anda akan memiliki kebijaksanaan yang cukup untuk tahu kapan saatnya untuk berbicara, dan pengetahuan yang cukup untuk mengetahui apa yang harus dibicarakan.

13. Membantu untuk membangun nilai diri
Membaca bermanfaat membantu membangun nilai diri atau kualitas diri yang Anda miliki tentang diri Anda. Nilai diri sangat penting bagi individu untuk merasa baik tentang dirinya sendiri dan bagi mereka untuk menjadi bahagia.

Singkatnya, membaca adalah salah satu hobi terbaik bagi seseorang untuk dapat berkembang. Ada buku-buku untuk semua kelompok umur, sehingga Anda tidak pernah terlalu tua atau tidak pernah terlalu muda untuk menjadi membaca. Jika Anda tidak memiliki hobi membaca, mulailah sekarang.

Sumber :bramardianto.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.