Waspadai DBD, 2 Warga PPU Meninggal Dunia Ditengah Pandemic CoViD-19

Waspada DBD, Ditengah Pandemic CoViD-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

 

BERITAPENAJAM.Net,- Masyarakat Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Kesehatan mengimbau tetap waspada terhadap penularan Demam Berdarah Dengue (DBD) ditengah pandemic CoViD-19 ini.

Warga juga lebih disarankan ditengah pandemic CoViD-19 ini tetap melakukan gotong royong, guna memberantas sarang nyamuk yang ada disekitar lingkungan rumah

” Yang terpenting itu pemberantasan sarang nyamuknya,” ucap Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinkes Kabupaten PPU, Eka Wardana Senin, (3/08/2020).

dr Eka juga menerangkan sejak awal tahun ini jumlah kasus DBD mencapai 101 kasus, pada bulan Januari ada 26 kasus, Februari 38 kasus, Maret 12 kasus, April 9 kasus, Mei 7 dan sepanjang Juni 3 kasus dan Juli 6 kasus. Dari total kasus tersebut, terdapat 2 orang anak meninggal dunia.

” Yang meninggal dunia ini di bulan Mei dan Juli, rata-rata usianya anak-anak,” jelasnya.

Lebih lanjut Eka, kondisi anak tersebut yang meninggal dikarenakan lambatnya penanganan medis karena orang tua  tidak mengenali tanda-tanda penyakit tersebut, Seperti demam tinggi selama 2 sampai 7 hari, nyeri di mata atau otot, dan kulit penderitanya yang memerah.

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinkes Kabupaten PPU, Eka Wardana (Syahidrahman5)

  • ” Pasien sudah shock sehingga telat dibawa kefasilitas kesehatan, itu juga salah satu penyebabnya,” beber Eka ketika diwawancarai Beritapenajam.net

    Adapun trend kasus DBD ini menurut hasil temuannya, jumlah rata-rata kasus terbanyak dari 4 Kecamatan yang ada di PPU terbanyak ada di Kecamatan Sepaku.

    Menurutnya, seperti kondisi penghujan dan diselingi panas, dapat terjadi perkembangan biakan secara cepat oleh nyamuk aedes aegypti ini.

    ” Kita anjurkan memberantas sarang nyamuknya yang paling penting, dengan cara melakukan gotong royong. Jangan sampai berkembang biak,” tutup dr Eka Wardana (syahidr5)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

6.500 Alat Rapid Test Yang Belum Datang, Ini Penjelasan Kadiskes

Sen Agu 3 , 2020
  BERITAPENAJAM.Net,- Masyarakat Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Kesehatan mengimbau tetap waspada terhadap penularan Demam Berdarah Dengue (DBD) ditengah pandemic CoViD-19 ini. Warga juga lebih disarankan ditengah pandemic CoViD-19 ini tetap melakukan gotong royong, guna memberantas sarang nyamuk yang ada disekitar lingkungan rumah ” Yang terpenting itu pemberantasan sarang […]
%d blogger menyukai ini: