Warga Sekitar Menutup Rusunawa, Tolak Pemindahan Isolasi Pasien ODP

by -248 Views
Warga sekitar mendatangi Rusunawa yang direncanakan pemerintah PPU untuk isolasi pasein ODP.

BERITAPENAJAM.Net- Sejumlah warga yang terdiri dari RT 04, RT 05, RT 25, Rt 29 Kecamatan penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Membelokade gerbang masuk Rumah Susun yang terletak di RT 25 hal tersebut dilakukan warga dengan tujuan menolak penetapan isolasi Orang Dalam Pengawasan (ODP) Corona Virus (Covid-19) yang akan di isolasi dilokasi tersebut.

Amir warga RT 25 mengatakan, dirinya menolak keras pemindahan ODP di Rumah Susun tersebut lantaran jarak lokasi isolasi tersebut terlalu dekat dengan pemukiman warga. kondisi tersebut dihawatirkan akan berdampak bagi warga sekitar,

“Intinya masyarakat sekitar menolak, jika ODP dipindah disini,” ungkapnya Rabu, (8/4/2020).

Ketua RT 25 Nursyamsia menambahkan, tidak adanya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak yang bersangkutan kepada masyarakat. Sehingga menambah keresahan bagi masyarakat

“Sebelumnya sudah ada pemberitahuan, cuman saya bilang alangkah baiknya disosialisasikan aja sama warga setempat. Karna saya sebagai RT tidak bisa mengambil keputusan sepihak,” ujar ketua Rt 25 itu saat diwawancarai didepan awak media.

Amir mewakili warga setempat berharap, pemerintah bisa menempatkan ODP ditempat yang jauh dari pemukiman atau tempat keramaian. Warga beranggapan pemerintahan memiliki banyak infrastuktur yang lebih tepat untuk dijadikan lokasi Isolasi ODP

” Tentunya pemerintah bisa mencarikan tempat yang lain saya kira seperti di, trunen islamic center rumah sakit pratama dan asramah haji, yang berlokasi jauh dari pemukiman,” pungkas Amir.

Salah seorang warga di RT 29, Kamaludin Sahar mengungkapkan, penolakannya karena lokasi pemindahan terssebut berada ditengah tengah pemukiman warga sekitar

Menurut keterangan dari warga tersebut, semenjak adanya rusunawa tersebut warga sering mengalami kebanjiran jika intensitas hujan tinggi serta sistem drainasenya pun tidak ada dirusunawa tersebut.

” Sejak ada rusunawa ini warga disekitar sini juga sering kebanjiran, makanya kita menolak jika ada ODP dipindah kesini siapa yang tau kalau dia mandi airnya mengalir kerumah warga, kita ga tau ada material apa dalam air itu bisa aja virus,” jelasnya.

Dirinya juga berharap pemerintah agar lebih bijak menentukan penetapan isolasi pasien Covid-19 ini, agar tidak menimbulkan keresahan oleh warga sekitar.

sejumlah warga yang berdatangan dilokasi tersebut, juga mendapat pengawasan ketat dari pihak aparat TNI dan Polri yang siap bejaga jaga di rusun itu (bp5/edz).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.