Warga Cemas Tabung Elpiji Banyak Yang Karatan dan Penyok

by -329 Views

BERITAPENAJAM.Net -Warga Kelurahan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengeluh dan ketakutan lantaran seringnya menemukan tabung gas LPG 3 Kg yang mengalami penyok dan karatan.

Yanti (52) Salah seorang warga RT 05 Kelurahan Penajam mengatakan, dirinya sangat mengkhawatirkan apabila sewaktu- waktu tabung dapat membawa musibah di keluarganya. Pasalnya, kondisi tabung yang seperti tak layak pakai membuat dirinya cemas saat menggunakannya.

“Lihat keadaan dari luar aja sudah karatan, jadi takut meledak saat menggunakannya,” ujarnya, Rabu (31/5).

Hal senada juga diungkapkan Wagiman (35) salah seorang pedagang pentol ini khawatir dan cemas ketika mendapatkan tabung yang penyok serta karatan.

“Kadang kalau beli itu saya lihat dulu tabung yang agak bagus. Tapi jarang ada semua, kebanyakan yang karatan, jadi takut makenya,” keluhnya.

Menanggapi keluhan warga terkait kecemasan tabung gas 3 kg tersebut, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Penajam Paser Utara Rusli menerangkan, bahwa tabung gas penyok dan karatan sebenarnya tidak masalah. Pasalnya, apabila tabung itu masih diedarkan berarti masih dalam keadaan layak pakai.

“Pengisian gas LPG itu hanya di Pertamina. Nah, jika masih diedarkan berarti masih bagus. Sebab pertamina tidak akan keluarkan jika itu tidak layak pakai,” terang Rusli.

Menurutnya, jika masyarakat menemukan tabung gas penyok atau karatan. Maka masyarakat dapat menukarkan di tempat di mana ia membeli.

Rusli membeberkan untuk keamanan tabung sendiri dapat dikatakan aman. Sebab, pengisian langsung dilakukan di Pertamina sehingga pihak pertamina tidak sertamerta mengisi.

“Karena saya kira pertamina saat mengisi pasti akan memeriksa kondisi tabung terlebih dahulu, jadi yakin dan percaya pertamina sudah menjaga itu,” pungkasnya.(Toy/Nit)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.