Wah, Ternyata Air Hujan Bermanfaat Bagi Kesehatan

by -341 Views

BERITAPENAJAM.Net– Pernahkah anda hujan-hujanan? Ternyata air hujan memiliki banyak manfaat. Kandungan air hujan yang jatuh ke permukaan bumi telah melewati lapisan atmosfer. Hal ini membuat kita selalu berpikir, apakah air hujan aman untuk manusia. Pada dasarnya, air hujan memiliki kandungan zat dan gas yang berbeda-beda sesuai dengan lokasi jatuhnya. Namun, kandungan zat dalam air hujan yang paling mudah ditemukan adalah karbon dioksida, zat asam, dan garam.

Ternyata main hujan-hujanan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Air hujan juga bisa dijadikan sebagai bahan terapi untuk menghilangkan stres. Sebelumnya kita ketahui dulu manfaat lain yang bisa diambil dari air hujan. Berikut informasi yang berhasil dihimpun

Air hujan membuat rambut bersinar

Berbagai jenis mineral dimiliki oleh air hujan, selain itu air hujan juga memiliki kadar garam dan PH netral yang sangat baik. Hal ini ternyata membuat air hujan bisa digunakan untuk mempertahankan akar rambut sehingga bisa mencegah masalah rambut rontok. Dilansir dari Water Rhapsody, orang-orang Barat zaman dahulu percaya bahwa mencuci rambut dengan air hujan dapat membuat rambut jauh lebih sehat dan bersinar dan sains mampu menjelaskan ini.

Dikutip dari Rainwater Connection, air yang turun dari langit ini memiliki kadar kenetralan PH yang hampir sempurna, bebas garam, dan bebas mineral yang buruk bagi rambut. Kalau difilter dengan rapi, air hujan menjadi materi paling netral yang dapat Anda gunakan untuk mencuci rambut.

Air hujan mengandung H2O2 (Hidrogen Peroksida)

Air hujan juga mengandung H2O2 ( Hidrogen Peroksida ). H2O2 dapat dijadikan holistic healing atau “terapi pengobatan”. Ternyata sampai sekarang produk H2O2 yang ada di Indonesia masih impor. Padahal di dalam air hujan ada kandungan H2O2 ini (bersifat anorganik)

Air hujan mengandung unsur Nitrogen

Nitrogen merupakan faktor utama dalam penciptaan protein penting untuk penciptaan materi genetik dalam tubuh manusia. Nitrogen diperlukan untuk semua bentuk kehidupan. Meminum air hujan memungkinkan tubuh untuk memanfaatkan nitrogen, mendorong sintesis protein dan penciptaan senyawa dan asam amino yang mempengaruhi pertumbuhan, hormon, fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh.

Air hujan menghilangkan bau amis

Sehabis makan ikan atau daging, terkadang bau amis pada telapak tangan sulit untuk hilang walaupun kita cuci tangan pakai sabun. Nah, salah satu manfaat air hujan adalah dapat menghilangkan bau amis. Coba dan buktikan cuci tangan pakai air hujan, pasti bau amis pada jari tangan kita akan hilang meskipun tanpa menggunakan sabun

Air hujan menghilangkan toksin (racun) pada tubuh.

Larutkan garam pada air hujan segar, lalu rendamlah telapak kaki kita selama ± 15 menit. Lakukan secara rutin setiap kali turun hujan. Usahakan air hujan murni yang digunakan.

Air hujan menghilangkan stres

Ternyata aktivitas hujan-hujanan bisa juga untuk terapi stres baik bagi wanita maupun pria. Pola dasarnya adalah pengejutan sistem syaraf yang terletak di bawah jaringan kulit. Kalau kita hujan-hujanan selama 10 menit saja, maka ribuan butir air hujan akan memukul kita. Pukulan air hujan tersebut dapat mengejutkan ribuan sistem syaraf yang tersebar di seluruh tubuh.

Berdiri atau duduklah di alam terbuka sambil terus merasakan butiran-butiran air hujan menyentuh kulit, berdoalah untuk ketenangan batin. Rasakan kesegaran jiwa maupun raga setelah hujan-hujanan, lebih fresh dan menenangkan.

Air hujan memperbaiki kualitas udara

Air hujan yang turun pertama kali biasanya banyak mengandung kotoran dari berbagai jenis zat polutan. Akibatnya air hujan yang masih awal biasanya sering menyebabkan penyakit pada manusia. namun air hujan yang sudah sering turun ternyata bisa membantu manusia untuk mendapatkan udara yang lebih baik.

Berbagai jenis kandungan polutan dalam udara akan dibersihkan oleh air hujan. Hal inilah yang membuat kita bisa menghirup udara segar setelah air air hujan turun.

Manfaat air hujan sebagai obat

Penelitian air hujan sebagai obat hingga saat ini memang belum dilakukan. Namun beberapa pihak mengatakan bahwa air hujan memiliki kandungan alami yang bisa digunakan sebagai obat. Salah satu pengaruh dari air hujan ini adalah ketika manusia merasa tenang mendengar air hujan yang jatuh ke bumi.

Manusia bisa merasakan efek segar dan kehidupan alam dengan cara yang sangat dekat. Pada dasarnya seperti inilah fungsi air hujan yang bisa menjadi obat ketenangan bagi manusia.

Air hujan sebagai sumber air bersih bagi kehidupan manusia

Jauh sebelum berbagai jenis sumber air bersih ditemukan, maka manusia memanfaatkan air hujan secara langsung. Namun sekarang manusia bisa menggunakan teknologi canggih untuk menampung air hujan. Air hujan akan di sterilkan dengan berbagai jenis proses. Setelah air hujan disimpan dalam waktu yang lama, maka air murni bisa menjadi sumber air bersih bagi manusia.

Air hujan bersih dari kandungan logam

Air menjadi salah satu komponen penting bagi manusia. Sekitar lebih dari 73 persen zat yang terkandung dalam tubuh manusia terdiri dari air. Hal inilah yang membuat manusia harus mengonsumsi air atau minum air dalam jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Air hujan bisa dimanfaatkan oleh manusia menjadi cadangan air minum bersih setelah melalui tahap pemurnian.

Cara ini akan mengurangi konsumsi air yang mengandung bahan kimia pada air minum olahan. Air minum yang diolah dari air hujan juga sangat aman dan tidak memiliki kandungan logam sehingga bisa membantu manusia dalam mengelola kesehatan.

Teknik pengambilan dan pengolahan air hujan:

Tadahlah air hujan yang langsung dari langit, tanpa melalui perantara seperti genteng, talang, batang, daun, dan lain-lain, setelah hujan berlangsung kira-kira 10 menit. Air hujan yang turun bisa langsung digunakan.

Dapat juga di pindahkan air hujan tersebut ke dalam tempat air, botol atau gelas. Agar menjadi lebih bersih dan lebih berkhasiat bisa endapkan selama 24 jam. Setelah 24 jam, ambil setengah bagian air paling atas dan sisa airnya dibuang. Boleh langsung digunakan untuk mandi dan bisa direbus sampai mendidih (seperti memasak air minum).

Sumber: www.makassarterkini.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.