Tujuh Buah dan Sayuran Paling Bermanfaat

by -264 Views

BERITAPENAJAM.Net -Kebanyakan orang, terutama pria, tidak suka buah dan sayuran. Menurut saya pribadi, sayur dan buah itu rasanya hampir seperti plastik sintetis basah yang bisa dikunyah dengan rasa sedikit manis. Terlepas dari rasanya yang tidak menggairahkan, tidak ada yang bisa memungkiri manfaat sayuran dan buah-buahan bagi kesehatan tubuh kita. Pada artikel lain tentang cara menurunkan berat badan saya sebutkan dalam salah satu poinnya bahwa mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran juga adalah metode yang baik digunakan dalam program diet.

Untuk itu, berikut ini saya berikan 7 buah dan sayuran yang paling bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan manusia.

  1. Manfaat Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang paling bagus untuk pencernaan dan mengembalikan kestabilan peredaran darah Anda. Rasanya juga tidak begitu buruk, sehingga menjadi salah satu jus buah yang paling banyak penggemarnya walaupun bagi beberapa orang terlihat seperti jus ingus. Disamping penampilannya yang menggelikan, sebenarnya alpukat ini adalah salah satu buah yang paling banyak mengandung vitamin. Jika diuraikan secara lengkap, alpukat terdiri dari 20% lemak organik dan 75% air yang mana 10% di dalamnya mengandung banyak mineral-mineral. Belum lagi jika bicara soal vitamin yang terkandung, aplukat ini hampir terdiri dari vitamin selenglap alphabet. Satu buah alpukat mengandung vitamin A, B, B2, B3 dan juga vitamin C.

Karena rasanya yang manis, alpukat sangat disarankan sebagai buah-buahan pertama yang diberikan untuk anak-anak yang susah makan buah dan sayuran untuk menghindarkan anak-anak dari trauma buah akibat rasa kecut dari buah-buahan tertentu.

Dalam penyajiannya alpukat adalah jenis buah yang dapat dikonsumsi terpisah tanpa campuran apa-apa. Tapi manfaat dari alpukat bisa Anda maksimalkan dengan mencampurnya dengan sayur-sayuran salad. Tapi alpukat bukan jenis buah yang bisa Anda konsumsi dengan jumlah yang banyak per hari. Untuk kadar dan ukuran yang sehat, sebaiknya buah alpukat tidak Anda konsumsi lebih dari satu buah setiap harinya. Alpukat adalah buah yang baik dikonsumsi bagi orang-orang yang memiliki masalah kolesterol.

  1. Manfaat Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang paling baik untuk sistem pencernaan Anda, dan itulah kenapa brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang paling direkomendasikan untuk mereka yang sedang dalam program diet menurunkan berat badannya. Brokoli adalah jenis sayuran yang bisa Anda makan mentah (tentunya setelah dicuci bersih) dan bisa disandingkan dengan makanan lain sebagai sayur lalapan.

Walaupun lebih sering disajikan dalam potongan-potongan kecil, brokoli adalah sayuran yang sangat kaya kandungan sehat untuk tubuh manusia. Brokoli mengandung fosfor, belerang dan potasium. Sayuran ini memiliki 89% kandungan air di dalamnya serta mengandung lemak dan karbohidrat yang sangat rendah. Dalam sayuran kribo ini juga terdapat vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Brokoli kaya potasium, fosfor, dan belerang. Komposisinya terdiri atas 90% air dengan kadar karbohidrat dan lemak yang rendah. Di dalamnya juga terdapat vitamin A. Brokoli merupakan pembersih tubuh yang baik dan dapat mengurangi berat badan. Sayuran ini enak dimakan mentah, baik dalam bentuk salad maupun lalap.

  1. Manfaat Apel

Bagi kebanyakan orang yang tidak suka makan buah, apel adalah salah satu buah yang paling masuk akal dibandingkan yang lainnya. Mereka yang tidak suka namun terpaksa membiasakan diri mengkonsumsi buah demi kesehatan biasanya memfavoritkan apel sebagai pilihan menu buahnya. Ini tidak salah, karena apel adalah salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan yang sehat bagi tubuh Anda, disamping rasanya yang ‘bisa ditoleransi’.

Dalam setiap buah apel terdapat zat besi dan magnesium. Selain itu juga ada potasium yang bisa menjaga kesehatan pencernaan Anda, serta kandungan-kandungan lain yang juga dibutuhkan seperti kalium, klor, sodium dan belerang. Bicara soal vitamin yang terkandung, sebuah apel dapat memberikan Anda vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin G.

Apel memiliki manfaat yang lebih besar bagi tubuh lebih dari yang disadari kebanyakan orang. Apel adalah buah yang baik untuk pencernaan sehingga disebut sebagai ‘buah pembersih tubuh’. Kandungannya bekerja aktif untuk melancarkan pencernaan Anda, dan juga bekerja untuk membantu penyembuhan pada peradangan yang terjadi pada tubuh. Apel adalah buah yang dapat Anda makan setiap hari dengan jumlah maksimal 3-4 buah setiap harinya. Manfaat dari apel bisa Anda dapatkan dengan maksimal jika Anda membiasakan diri untuk mengkonsumsi apel secara rutin paling tidak 1 buah setiap harinya.

  1. Manfaat Sayur Kol

Kol juga adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan manfaat bagi tubuh manusia. Pada sayur kol terdapat kalsium, zat besi dan klor. Bicara soal vitamin, sayuran kol bisa memberikan Anda vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin G dan vitamin U. Sebuah penelitian di Standford University menemukan bahwa sayur kol dapat membantu penyembuhan borok yang terjadi pada bagian perut. Kandungan yang terdapat dalam kol dapat bermanfaat bagi penderita borok, terutama vitamin U. Vitamin U yang terdapat dalam sayur kol ini hanya bisa Anda dapatkan dengan cara meminum sari dari sayuran tersebut.

Sayur kol bisa dimakan terpisah dari makanan lain, walaupun ini tidak lazim disajikan. Sayur kol baik dicampurkan ke dalam sup, atau menjadi tambahan pada sayur-sayuran lalapan. Tapi harap berhati-hati, karena kombinasi antara sayur kol dan garam dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan Anda.

Di dalam kol terdapat klor, kalsium, dan zat besi. Kol juga kaya vitamin A, B, C, G, dan U. Dr. Chaney dari fakultas Kedokteran Universitas Standford menyatakan bahwa vitamin U yang ada di dalam kol dapat menyembuhkan borok perut. Vitamin ini dapat diperoleh dengan meminum sari kol. Namun, jika kol dicampur dengan garam akan mengganggu pencernaan.

  1. Manfaat Mentimun

Mentimun bukanlah sejenis sayuran yang jarang Anda temukan dalam santapan-santapan khas Indonesia. Berbagai jenis makanan goreng dan bakar Indonesia biasanya dilengkapi dengan lalapan yang juga mengikutkan beberapa iris mentimun di dalamnya. Tapi banyak juga yang menganggap enteng manfaat dari mentimun ini, dan banyak juga yang memang tidak suka rasanya. Saya pribadi sebenarnya juga merasa risih makan mentimun, apalagi karena biji mentimun saat dikeluarkan masih dengan bentuk yang persis sama ketika dimakan. Dan ini aneh…

Mentimun adalah sayur yang kaya akan gizi. Adapun vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya antara lain vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Kandungan lain yang ada pada mentimun antara lain zat besi, silikon, klor, potasium dan magnesium.

Mentimun juga adalah sayuran yang kaya akan manfaat. Mentimun adalah salah satu jenis sayuran yang dapat membantu penyembuhan para penderita reumatik. Selain itu, mentimun juga dapat melancarkan pembuangan urine. Konon, mentimun juga adalah sayur yang dapat menebalkan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Ini mungkin karena mentimun banyak mengandung belerang dan silikon, yang dengan bantuan beberapa buah lain bisa saja jadi faktor yang mendukung pertumbuhan rambut. Teori ini belum pernah betul-betul dipastikan. Tapi saya punya 3 orang sahabat yang berambut dan berbulu lebat, yang kebetulan sekali memang suka makan mentimun. Pertumbuhan rambut dan bulu itu mungkin adalah pengaruh mentimun atau mungkin karena ketiganya keturunan India…

  1. Manfaat Lemon

Lemon adalah buah yang kaya dengan vitamin C. Saat terserang flu, buah lemon adalah pilihan yang baik untuk kembali meningkatkan resistensi tubuh terhadap penyakit (tapi ini belum terbukti dengan flu burung ataupun flu babi). Tapi memang benar, lemon adalah buah yang baik untuk dikonsumsi orang-orang yang sedang menderita penyakit karena jatuhnya daya tahan tubuh. Ini mungkin salah satu alasan kenapa lemon adalah buah yang paling banyak dibawa orang-orang saat mengunjungi pasien di rumah sakit. Selain karena memang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, lemon juga adalah buah yang paling banyak dijual.

  1. Manfaat Bawang Merah, Bawang Putih dan Bawang Bombay

Saya sebenarnya ragu apakah bawang merah, bawang putih dan bawang bombay termasuk sayuran atau buah. Tapi karena ketiganya sudah jelas tidak termasuk daging-dagingan, ya anggap saja mereka terklasifikasi ke dalam sayuran atau buah-buahan. Lagipula, saya disini tidak untuk berdebat soal klasifikasi bawang-bawangan, tapi untuk menulis manfaatnya saja…

Dari ketiga jenis bawang ini, dua diantaranya memiliki manfaat yang sama. Bawang bombay dan bawang merah memiliki manfaat untuk melancarkan dan memaksimalkan sistem pencernaan Anda. Di dalam kedua jenis bawang ini juga terkandung vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin G. Selain itu, buah/sayur (yang mana saja boleh!) yang lebih sering dijadikan sebagai penyedap makanan ini banyak juga mengandung zat-zat lain di dalamnya yang bisa berguna untuk tubuh. Zat-zat tersebut antara lain adalah iodin, magnesium, zat besi, fosfot, potasium, kalsium dan belerang. Ini luar biasa mengingat ukuran dari kedua jenis bawang ini juga relatif kecil dibandingkan sayur/buah yang lain.

Sedangkan bawang putih memilik manfaat yang sedikit banyaknya memang berbeda dari bawang merah dan bawang bombay. Anda pasti pernah mendengar bahwa terlalu banyak makan bawang putih dapat mendatangkan bau badan? Banyak orang yang menganggap ini hanya mitos belaka, tapi sebenarnya bisa saja bawang putih membuat Anda mengeluarkan bau tak sedap. Ini mungkin saja terjadi karena bawang putih memiliki kandungan eter yang sangat kuat hingga dapat meluluhkan penumpukan lemak dalam tubuh dan juga menghancurkan racun-racun serta kemudian membuangnya melalui pori-pori kulit Anda. Ya, ke pori-pori kulit Anda.

Bawang putih juga memiliki manfaat-manfaat lebih yang tidak banyak diketahui orang. Misalnya, salah satu manfaat dari bawang putih adalah sebagai obat bagi mereka yang mengidap disentri. Sari bawang putih juga sangat disarankan untuk diminum oleh mereka yang mengidap darah tinggi. Belum lagi manfaat bawang putih bagi sistem pencernaan anda. Bawang putih ini punya peran yang besar dalam persoalan membunuh kuman-kuman dan parasit-parasit yang berkubang di dalam usus anda.

 Sumber: Segiempat.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.