TNI dan POLRI Sinergi dalam Tactical Floor Game (TFG) Dan Simulasi Sispamkota

BERITAPENAJAM.Net– Masih dalam rangkaian Rapat Pimpinan Daerah (Rapim) TNI-Polri yang  di buka oleh Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Sonhadji, S.I.P., M.M., pada hari Selasa, 27 Februari 2018 bertempat di Aula Makodam VI/Mulawarman.

Di hari kedua Rabu 28 Februari 2018 dilaksanakan Simulasi peragaan Tactical Floor Game (TFG) oleh Polres Kota Balikpapan dipimpin langsung oleh AKBP Wiwin Firta YAP, SIK., dan Sistim Pengamanan Kota (Sispam Kota) oleh Kodim 0905/Balikpapan dipimpin oleh Kolonel Inf Hendri Wijaya, SE.

Kedua kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menangani aksi-aksi anarkis terkait kegiatan-kegiatan masyarakat sehingga dapat dikendalikan dengan aman dan lancar dalam menghadapi Pilkada Serentak tahun 2018 yang akan dilaksanakan di wilayah jajaran Kodam VI/Mulawarman yaitu Pilgub Prov. Kaltim, Pilwako di Kota Tarakan dan Pilbup di wilyah Kab. PPU, Tabalong, Hulu Sungai Selatan, Tanah Laut dan Rantau.

Tactical Floor Game (TFG) adalah simulasi di atas maket tentang pelaksanaan pengamanan Pilkada. Kegiatan ini berlangsung di lantai 8 gedung parkir Pemkot Balikpapan, Kelurahan Klandasan Ulu, sedangkan untuk simulasi Sispamkota berlangsung di Jalan Sudirman Depan Makodam VI/Mlw.

Anggota Polri dari Polres Balikpapan dan TNI dari Kodim 0905/Balikpapan memperagakan berbagai kegiatan pengamaman Pilkada dari mulai patroli saat kampanye, pengamanan pemungutan suara, kericuhan di TPS hingga menolak dan menggugat hasil Pilkada yang mana terjadi unjuk rasa berujung anarkis melibatkan massa dalam jumlah besar.  Aksi penanganan unjuk rasa tersebut dari pihak Polri menurunkan pasukan pengendali massa (huru-hara), pasukan cyber, anjing pelacak, Den Gegana Satbrimob  Polda Kaltim. Sementara itu Kodim 0905/Balikpapan menampilkan patroli Pengamanan Pilkada dari Babinsa serta bantuan TNI dalam menangani huru-hara.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Sonhadji, S.I.P., M.M., Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M., Kapolda Kalsel  Brigjen Pol. Drs. Rachmad Mulyana, S.H., dan peserta Rapim  TNI-Polri.

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Yusran : Jembatan Pulau Balang, PPU Paling Siap

Kam Mar 1 , 2018
BERITAPENAJAM.Net– Masih dalam rangkaian Rapat Pimpinan Daerah (Rapim) TNI-Polri yang  di buka oleh Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Sonhadji, S.I.P., M.M., pada hari Selasa, 27 Februari 2018 bertempat di Aula Makodam VI/Mulawarman. Di hari kedua Rabu 28 Februari 2018 dilaksanakan Simulasi peragaan Tactical Floor Game (TFG) oleh Polres Kota Balikpapan dipimpin langsung […]
%d blogger menyukai ini: