Tips Merawat Mata dengan Baik dan Mudah

by -192 Views
sumber gambar: sehatmataku.com
sumber gambar: sehatmataku.com
sumber gambar: sehatmataku.com
sumber gambar: sehatmataku.com

BERITAPENAJAM.Net–  Mata adalah jendela dunia. Kalimat singkat ini tepat, karena lewat mata kita bisa melihat, mengerti, mengetahui dan masih banyak hal lagi. Namun perlu kita perhatikan juga kesehatan mata kita. Bukan hanya tubuh saja yang bisa merasakan capai atau kelelahan, perawatan dan cara menjaga kesehatan mata pun diperlukan agar mata tidak mudah lelah.

Pentingnya Kesehatan Mata

Perawatan mata sangat perlu dilakukan. Cara menjaga kesehatan mata harus dipahami dan dipraktikan oleh setiap orang baik yang memiliki permasalahan mata maupun yang hanya sekadar merawat kesehatan mata.

Dari sekian banyaknya aktivitas, mata selalu kita gunakan. Maka perlu dilakukan perawatan khusus. Banyak cara merawat mata dengan baik. Tapi yang terpenting adalah membuat mata kita sejenak beristirahat dari rutinitas. Istirahat di sini bukan berarti saat kita sedang tidur.

Coba kita bayangkan, setiap saat kita bekerja berjam-jam di depan komputer, atau menonton televisi, membaca buku, dan banyak sekali aktivitas lainnya. Kita tidak menyadari betapa beratnya mata kita telah bekerja.

Mata merupakan bagian terpenting dari panca indera. Meski Anda cukup banyak waktu untuk tidak menonton televisi, tidak membaca buku atau tidak berlama-lama di depan komputer tetap saja mata kita butuh istirahat.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Berikut ini adalah berbagai upaya menjaga kesehatan mata agar selalu sehat dan tidak memperparah kemampuan penglihatan seseorang yang sudah mengalami rabun.

1. Merawat mata dengan menghindari terlalu dekat pada objek

Cara menjaga kesehatan mata yang pertama adalah jangan terlalu dekat ketika menonton televisi, main game atau membaca buku. Nonton tv layar lebar memang lebih asyik, tapi lebih tidak menyehatkan terutama bagi mata anak-anak. Anak yang sering nonton tv terlalu dekat, matanya sangat berisiko mengalami minus ketika anak tumbuh dewasa. Jarak aman untuk menonton tv sekitar 2 meter untuk tv ukuran 14 inchi. Untuk layar lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh.

Sebaiknya gunakan tv layar kecil untuk hiburan keluarga. Hal ini berlaku juga ketika anak bermain game, PlayStation atau yang lainnya. Begitu juga dengan kebiasaan membaca, janganlah posisinya terlalu dekat, hal ini dapat membuat mata menjadi tegang dan lelah. Gunakan penerangan cukup ketika membaca, dan sebaiknya tidak membaca ketika tiduran.

2. Cara merawat mata dengan baik adalah mengurangi penggunaan gadget

Jangan terlalu lama menggunakan komputer, televisi atau main game. Jika pekerjaan Anda memang menggunakan komputer seharian, usahakan rutin beristirahat dengan menjauh dari layar komputer, misalnya setiap 30 menit atau satu jam, rilekslah atau berjalan-jalan sebentar selama 5 atau 10 menit. Agar mata tak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali alihkan pandangan mata ke luar ruangan.

Cara merawat mata bisa menggunakan monitor LCD (liquid crystal display) pada komputer Anda, penggunaan layar LCD cenderung lebih nyaman dan tidak cepat lelah bagi mata dibanding jika menggunakan monitor CRT (cathode ray tube). Setting refresh rate yang tinggi pada monitor Anda.

Menonton tv terlalu lama dapat membuat mata tegang dan lelah, selain itu radiasi yang terpancar dari layar tv dapat berakibat buruk bagi mata. Anak-anak yang terbiasa nonton tv dan main console game berlebihan cenderung berisiko lebih besar mengalami mata minus.

3. Hindari menggosok mata dengan kasar

Jangan menggosok mata secara kasar dan berlebihan dapat menjaga kesehatan mata Anda. Ketika mata Anda terasa gatal atau kemasukan benda asing, secara otomatis Anda akan menggosoknya atau mengucek-nguceknya. Lakukan hal ini secara hati-hati, jangan terlalu kasar dan berlebihan.

4. Mengenakan kacamata dan penangkal debu

Ketika Anda beraktivitas di luar ruangan, misalnya di jalan raya atau di area pabrik, sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata menjadi infeksi dan membuat mata mengalami gangguan penglihatan.

Menggunakan kacamata bukan hanya untuk gaya saja, tapi bermanfaat untuk kesehatan mata dengan menangkal sinar ultraviolet (UV). Sinar UV adalah salah satu penyebab utama pengerasan lensa, katarak dan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina.

Penggunaan kacamata dengan lensa gelap bisa menyaring sinar UV hingga 100 persen saat berada di luar ruangan. Jika tidak ada kacamata, bisa juga dengan menggunakan topi untuk mengurangi paparan sinar UV.

5. Cukupi asupan Vitamin A

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A. Mata Anda perlu dijaga kesehatannya, antara lain dengan mengonsumsi makanan bergizi dan mengandung banyak vitamin A. Wortel, alpukat, tomat, dan pepaya merupakan sayur dan buah yang baik sekali untuk menjaga kesehatan mata Anda. Wortel mengandung senyawa beta karoten, yaitu suatu karotenoid yang dapat membantu menjaga mata agar tetap sehat. Senyawa ini juga bisa ditemukan pada labu kuning.

6. Makan sayuran hijau

Melakukan perawatan mata dengan baik dan alami adalah mengonsumsi sayuran yang memiliki daun hijau tua seperti bayam, brokoli atau sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua jenis karotenoid yang diketahui bisa mengurangi risiko berkembangnya katarak serta penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Cobalah untuk mengonsumsinya dua porsi sehari, misalnya satu porsi bayam saat makan siang dan satu porsi brokoli saat makan malam.

7. Cukupi asupan antioksidan

Upaya menjaga kesehatan mata yang berikutnya adalah mengonsumsi antioksidan. Makanan seperti berry, jeruk, plum dan ceri dapat membantu meminimalkan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas (seperti dari sinar UV dan polusi), serta mengurangi risiko pengerasan lensa yang dapat memicu katarak. Jadi, konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan setidaknya 2 porsi dalam sehari.

8. Mengonsumsi asam lemak omega-3

Tips menjaga kesehatan mata juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3. Bukti menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dari ikan tertentu seperti salmon, halibut dan tuna bisa melindungi saluran air mata, melindungi lensa, meminimalkan mata kering dan mencegah katarak. Konsumsi ikan 2-3 porsi seminggu dan mengurangi daging merah, karena diduga bisa meningkatkan risiko gangguan mata di usia tua.

9. Mengonsumsi multivitamin untuk perawatan mata

Tips perawatan mata berikutnya dengan mempertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin. Jika memang diperlukan, saat ini banyak juga tersedia suplemen yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. National Eye Institute menunjukkan bahwa vitamin antioksidan C dan E, vitamin B6 dan B12, beta karoten serta mineral tembaga dan seng bisa memperlambat perkembangan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina dan katarak.

10. Kontrol gula darah hingga kadar kolesterol

Kontrol gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol Anda merupakan upaya menjaga kesehatan mata yang dapat Anda lakukan. Menjaga kadar glukosa darah, tekanan darah dan kolesterol Anda rendah dapat membantu menjaga mata dan seluruh tubuh Anda tetap sehat.

Itulah tips menjaga kesehatan mata yang bisa Anda praktikkan di keseharian Anda, Teman Sehat. Selamat Mencoba!

Bila sudah menjalani beberapa cara menjaga kesehatan mata di atas, namun kesehatan mata Anda masih tetap sama atau keadaan semakin memburuk, segera periksakan kondisi mata Anda dengan Dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

SUMBER:
doktersehat.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.