Tip Membersihkan Rumah Bagian Luar

by -252 Views

BERITAPENAJAM.Net– Kebersihan lingkungan dimulai dari menjaga kebersihan halaman sendiri. Kebersihan bagian luar rumah sama pentingnya dengan membersihkan bagian dalam rumah. Berikut tip praktis membersihkan halaman dan bagian luar rumah Anda.

  1. Periksa got dan selokan di depan rumah. Bersihkan dari sampah-sampah yang tak sengaja jatuh ke dalamnya. Selain mencegah aliran air terhenti dan got jadi mampat, membersihkan selokan dan got juga bermanfaat untuk memantau jentik nyamuk. Jika got atau selokan di depan rumah yang tak mengalir akan memancing nyamuk untuk berkembang biak.
  2. Potong semak dan rumput yang terlalu panjang. Bukan hanya demi kerapihan, pojok-pojok gelap akibat tanaman rimbun yang tak terpotong rapi juga bisa menjadi sarang/tempat peristirahatan nyamuk. Potong rumput dan rapikan tanaman semak paling sedikit 2 minggu sekali.
  3. Periksa pot-pot yang ada di halaman rumah, apakah berpotensi untuk menjadi tempat genangan air yang jadi tempat favorit nyamuk. Balikkan pot-pot yang kosong dan tak terpakai untuk menghindari genangan air di dalamnya.
  4. Hindari membuat gunungan daun dan sampah yang dibakar di halaman. Apalagi, jika Anda tinggal di kawasan padat. Pembakaran sampah bisa mengganggu pernapasan tak cuma anggota keluarga, tapi juga masyarakat lingkungan sekitar.
  5. Daun dan sampah yang sudah disapu langsung dimasukkan ke dalam tempat sampah yang tertutup. Sebagai informasi, syarat rumah sehat adalah memiliki jarak antara tempat sampah dan tempat pemukiman minimal 200 meter. Tempat sampah ini pun harus diambil dan dibuang ke tempat pembuangan sampah minimal 2 hari sekali.
  6. Jika ada sampah-sampah kaleng, botol dan barang-barang yang berpotensi digenangi air, sebaiknya dikubur di dalam tanah.
  7. Periksa pipa-pipa pembuangan air/talang di luar rumah. Bersihkan dengan menyemprotkan air minimal seminggu sekali. Jangan sampai ada genangan air yang tertinggal.
  8. Gulung selang air yang ada di halaman rumah dengan rapi dan simpan di tempat tertutup.
  9. Semprotkan obat anti-nyamuk di sudut-sudut teras yang gelap dan jadi sarang nyamuk sementara.
  10. Taburkan bubuk abate bila ada tempat-tempat penampungan air yang tak bisa dipindahkan atau disingkirkan, misalnya kolam kecil hiasan.  Sebaiknya kolam diisi dengan ikan-ikan air tawar yang menjadi predator alami nyamuk.

Sumber: kohar44.wordpress. com (Nur)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.