Stop Kebiasaan Mandi Malam, Simak Beberapa Bahaya yang Ditimbulkan

by -242 Views
sumber: dream.co.id
sumber: dream.co.id
sumber: dream.co.id
sumber gambar: dream.co.id

BERITAPENAJAM.Net– Kesibukan membuat banyak orang melakukan aktivitas hingga malam hari sehingga baru sempat untuk mandi malam sebelum tidur. Meskipun memang akan membuat badan terasa bersih dan nyaman sehingga bisa membuat tidur semakin nyenyak, pakar kesehatan menyebutkan terdapat beberapa bahaya mandi malam bagi kesehatan. Apa saja efek mandi malam? Selengkapanya simak di bawah ini.

Bahaya Mandi Malam untuk Kesehatan

Meski dapat membersihkan dan menyegarkan tubuh ternyata mandi malam hari berbahaya untuk kesehatan tubuh anda, berikut di antaranya:

1. Penuaan dini

Tahukah anda jika mandi di malam hari bisa memicu gangguan metabolisme tubuh? Hal ini ternyata bisa berimbas pada proses metabolisme lemak yang tidak lancar dan akhirnya bisa menyebabkan kulit berkeriput. Pasti Anda ingin menghindari bahaya mandi malam yang satu ini bukan?

2. Paru-paru basah

Cukup banyak orang yang menganggap efek mandi malam bisa menyebabkan paru-paru basah. Tak disangka, hal ini ternyata benar adanya. Kerap mandi malam akan membuat tubuh lebih rentan terkena masalah pernapasan seperti batuk dan masalah pernapasan lainnya.

3. Asam urat

Bahaya mandi malam dengan air dingin berisiko menyebabkan rasa nyeri pada persendian, yang pada akhirnya akan meningkatkan risiko terkena masalah asam urat.

4. Nyeri otot

Efek mandi malam hari dengan air dingin sebelum tidur akan membuat pori-pori terbuka dan akhirnya memicu masalah nyeri pada otot.

5. Demam

Jika di malam hari suhu udara cenderung panas, maka suhu tubuh juga akan sedikit meningkat sehingga pori-pori kulit akan terbuka. Jika kita mandi dengan air dingin, air pun bisa meresap ke dalam kulit yang terbuka dan akhirnya membuat suhu panas tubuh tercampur dengan air dingin. Akibat mandi malam ini akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga lebih rentan terkena virus dan akhirnya menyebabkan demam.

6. Rematik

Mandi malam hari kemungkinan dapat menyebabkan penyakit rematik. Penyakit autoimun ini terjadi pada peradangan sendi, yang mengakibatkan sakit pada persendian.

Meskipun penyakit rematik belum diketahui penyebabnya, namun menurut pakar kesehatan, rematik diakibatkan oleh penyakit kelainan genetik.

7. Metabolisme tubuh terganggu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mandi malam hari menyebabkan pori-pori terbuka sehingga air masuk ke dalam tubuh, yang menyebabkan terganggunya hormon tubuh dan metabolisme. Ini karena tubuh saat malam hari mulai melemah dan memerlukan istirahat.

8. Ostroporosis

Tak disangka! Sering mandi malam kemungkinan besar akan lebih cepat terkena osteoporosis. Ini karena karena pengoroposan tulang terjadi saat Anda mandi malam hari.

9. Masuk angin

Tidak hanya menyebabkan demam, akibat mandi malam hari juga berisiko terkena masuk angin. Akan lebih berisiko lagi bila suhu tubuh Anda dalam keadaan tinggi. Jika sering mandi malam hari setelah pulang kerja, sebaiknya hentikan bila tidak ingin masuk angin. Bersihkanlah bagian tubuh terntentu seperti membersihkan wajah, mulut, tangan, dan kaki.

10. Pilek

Tak hanya menyebabkan masuk angin dan demam, bahaya mandi malam hari berisiko mengalami pilek atau hidung tersumbat. Setelah pulang kerja, tubuh terasa lelah dan lengket sehingga Anda ingin sekali menyegarkan diri dengan mandi. Namun, jika suhu tubuh tinggi atau panas hendak mandi, ini tidak disarankan.

SUMBER:
doktersehat.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.