Sepele tapi Ini Manfaat Luar Biasa Minum Air Hangat

by -242 Views

BERITAPENAJAM.Net– Minum air hangat bagi masyarakat yang tinggal di daerah tropis seperti di Indonesia adalah sesuatu yang jarang dilakukan. Karena iklimnya yang cenderung hangat, banyak orang gemar mengonsumsi air dingin untuk membuat tubuhnya lebih segar. Padahal, air hangat menyimpan sesuatu yang baik bagi tubuh.

Berikut adalah manfaat air hangat yang bisa dirasakan oleh tubuh, di antaranya:

Meredakan flu

Beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa manfaat minum air hangat yang utama adalah kemampuannya mengatasi flu dan radang tenggorokan. Manfaat air hangat ini membuat radang berangsur-angsur mereda sehingga rasa sakit pun akan menghilang

Menjaga kesehatan usus

Selain bagian tenggorokan, manfaat air hangat juga akan sangat baik bagi organ usus. Manfaat minum air hangat ini bisa berguna jika Anda meminumnya di pagi hari, khususnya setelah bangun tidur. Hal ini memicu pergerakan usus yang kemudian akan memudahkan Anda untuk buang air besar.

Manfaat air hangat lainnya adalah akan membuat makanan menjadi lebih mudah pecah sehingga usus pun akan dengan mudah menggerakkannya ke organ pencernaan berikutnya. Kebiasaan ini diyakini mampu mencegah masalah sembelit.

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat minum air hangat secara umum bisa membuat saluran pencernaan menjadi lebih bersih. Saluran pencernaan akan terbantu dengan adanya air putih hangat sehingga nutrisi pada makanan pun akan jauh lebih mudah diserap.

Selain itu, manfaat air hangat apabila Anda konsumsi dengan rutin di pagi hari ternyata juga bisa membantu penurunan berat badan dengan cara merusak timbunan lemak dalam tubuh.

Membuat tubuh lebih rileks

Manfaat minum air hangat lainnya adalah kemampuannya untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang. Manfaat air hangat, baik itu yang berupa air putih atau air teh jika dikonsumsi di pagi hari ternyata bisa memberikan efek psikologis yang sangat menenangkan.

Membersihkan racun dalam tubuh

Selain membuat tubuh lebih rileks, manfaat air hangat yang bisa dirasakan tubuh apabila mengonsumsi dengan rutin adalah membantu menetralisir racun di dalam tubuh. Selain kesehatan yang didapatkan, hilangnya racun dalam tubuh juga bisa membuat kulit lebih cerah.

Merangsang aliran darah

Manfaaat mandi air hangat dipercaya dapat merangsang aliran darah menuju otot-otot dan sendi yang kaku. Usahakan untuk tetap bergerak pada waktu berendam. Kolam air hangat adalah tempat yang ideal untuk melakukan peregangan dan meringankan sakit punggung bawah.

Prosedur terapi air hangat disarankan pada suhu 33-37 derajat Celcius. Suhu di atas 40 derajat Celcius dianggap memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh dan dapat membahayakan. Perlu menjadi catatan, apabila Anda memiliki masalah kardiovaskular, air yang terlalu panas bisa memberikan tekanan tambahan pada jantung.

Meredakan nyeri saat haid

Saat  wanita mengalami haid danmuncul rasa nyeri, manfaat minum air hangat berperan untuk meredakan rasa saki itu. Minum cairan dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tubuh menahan cairan di dalam. Akibatnya, nyeri haid dapat berkurang.

Selain itu, manfaat air hangat juga bisa membantu merelaksasi otot yang kram. Konsumsi air hangat dalam jumlah cukup dapat meningkatkan aliran darah ke kulit.

Meredakan radang tenggorokan

Manfaat air hangat akan membantu tubuh untuk mengurangi iritasi tenggorokan. Anda dapat menambahkan jahe, lemon atau madu untuk membantu meredakan nyeri tenggorokan dengan segera. Agar mendapatkan manfaat lebih banyak, Anda dapat berkumur dengan setengah sendok teh garam yang ditambahkan ke dalam secangkir air hangat.

Membantu mengatasi aklasia

Manfaat minum air hangat yang jarang diketahui adalah berguna untuk orang dengan akalasia. Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan mendorong makanan ke lambung. Orang-orang dengan akalasia biasanya mengalami kesulitan menelan dan kadang-kadang merasa seperti ada makanan yang terjebak di kerongkongan

Mengatasi migrain

Sebagian besar orang yang menderita serangan migrain atau sering sakit kepala karena kekurangan cairan di dalam tubuh. Manfaat minum air hangat yang bisa didapatkan saat adalah membebaskan seseorang dari sakit kepal (Bp/Tips/qla)

sumber:
https://doktersehat.com/berbagai-manfaat-air-hangat-bagi-kesehatan-tubuh/

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.