RSU Tipe D Segera Berdiri di Kecamatan Sepaku

by -1689 Views

Masyarakat Sepaku  Keluhkan Perjalanan Menuju RSUD

BERITAPENAJAM.Net- Masyarakat Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bisa berbahagia. Sebab di wilayah mereka dalam waktu dekat bakal berdiri Rumah Sakit Umum (RSU) Tipe D Pratama yang akan berdiri dekat Kantor Kecamatan Sepaku. Perihal ini seperti dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten PPU, Dr. Arnol Wayong, Selasa (15/8) kemarin.

“RSU Tipe D Pratama bakal segera berdiri dan melayani masyarakat di Kecamatan Sepaku. Kini sedang proses pengerjaan pembangunan dan saat ini pondasi bangunan telah selesai dikerjakan. Kita doakan saja semoga pembangunan yang dikerjakan cepat selesai sehingga dapat segera memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Sepaku,” kata Arnold Wayong.

Dikatakan Arnold, pembangunan RSU Tipe D tersebut ditargetkan rampung tahun 2017 ini. Diharapkan pada tahun 2018 mendatang sejumlah fasilitas RSU bisa segera terisi, sehingga RSUD segera dapat difungsikan. Dia membeberkan pembangunan RSU Tipe D Pratama tersebut menelan anggaran sekitar Rp 8 Milyar.

“Kami berfikiran karena alat untuk kesehatan harganya cukup mahal maka dibutuhkan anggaran tidak sedikit apalagi kita melihat kedepan keadaan keuangan daerah sekarang masih prihatin. Namun setelah resmi dioperasikan sedikit-demi sedikit akan ditambah peralatannya, sehingga RSU ini nantinya dapat berjalan maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat kecamatan Sepaku,” harapnya.

Ia  menjelaskan, RSU yang nantinya mampu menampung pasien rawat inap sebanyak 40 orang tersebut dibangun karena pertimbangan bahwa selama ini masyarakat kecamatan sepaku menghadapi kendala akibat akses jalan menuju RSUD PPU. Sementara jika melalui Kota Balikpapan posisinya lebih jauh dan akan membutuhkan biaya yang lebih besar.

Bahkan tambahnya, banyak pasien tidak sampai ketujuan karena lamanya perjalanan yang harus ditempuh oleh pasien. Atas dasar pertimbangan tersebut, maka Pemkab PPU memikirkan untuk meratakan pelayanan kesehatan sampai ke kecamatan sepaku dengan membangun RSU walaupun hanya dengan Tipe D.

“Kami berharap dengan adanya RSU tersebut dapat meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat  khususnya di kecamatan Sepaku ini. Jadi nantinya jika pasien harus menjalankan rawat inap, cukup di RSU saja tidak perlu ke RSUD yang jaraknya cukup jauh. Setidaknya upaya ini dapat mengurangi resiko-sesiko yang tidak diinginkan bagi seluruh masyarakat sepaku,” pungkasnya. (Humas6/nit)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.