Ratusan Milyar Pertahun Anggaran Provinsi Untuk Perbaikan jalan di PPU

by -294 Views

Nico : “ Diperkirakan Kerusakan Jalan Provinsi di PPU Masih Perlu Anggaran Capai Rp 1,5 T ”

BERITAPENAJAM.Net– Sebagian masyarakat kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mungkin belum tau bahwa jalan Silkar Petung-Sepaku dan Samboja termasuk jalur dua petung yang selama ini dikeluhkan masyarakat karena kondisi jalan yang rusak tersebut merupakan jalan Provinsi Kaltim yang penanganannya menjadi tanggung jawab Provinsi Kaltim.

Namun belum lama ini kabar baik kembali diterima. Informasinya  dalam waktu dekat ini, terdapat  empat titik ruas jalan rusak yang saat ini telah dalam proses lelang proyek peningkatan jalannya, termasuk jalur dua di Kelurahan petung yang sempat  memperoleh predikat sebagai wisata seribu lubang dari masyarakat setempat itu.

“Keempat titik itu akan dilakukan peningkatan jalannya dengan anggaran Rp 60 miliar. Dari angka tersebut, Rp50 miliar dari anggaran APBD Provinsi Kaltim dan Rp 10 miliar Dana Alokasi Khusus (DAK),” kata Kepala Bagian Pembangunan Pemkab PPU, Nicko Herlambang, Senin, (12/3) beberapa waktu lalu.

Dia menyebutkan, pembangunan dan peningkatan jalan akan dilaksanakan dibeberapa titik diantaranya yaitu ruas jalan km 38 menuju Semoi Sepaku terdapat sekitar dua titik, dari Semoi Sepaku menuju Silkar satu titik dan satu titik lagi di jalur dua Petung yang selama ini dikeluhkan masyarakat itu.

Data yang ada tersebut diambil dari Rencana Umum Pengadaan (RUP) penyedia tahun anggaran 2018 Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat, dan setiap proses pengadaan selalu diawali dengan RUP dan RUP jugalah yang menjadi acuan.

“Saat ini memasuki tahap lelang awal yang kemudian akan dilanjutkan lelang fisik. Rencana perbaikan jalan tersebut semuanya dilakukan dengan rigid beton dan untuk perihal ini sudah konsultasi dengan pihak Provinsi Kaltim, terutama untuk wilayah yang paling parah kerusakannya,” lanjutnya.

Nicko berharap dalam satu atau dua bulan ke depan sudah bisa dimulai proyek fisiknya dan paling lambat menjelang lebaran penyelesaiannya sudah selesai. Ditambahkan dia, selama lima tahun belakangan, sudah hampir sekitar Rp 250 miliar anggaran total yang masuk di jalan provinsi khususnya di wilayah PPU.

“Kalau sebenarnya mau melihat titik-pertitik yang telah diperbaiki, terutama jalan provinsi, sebenarnya sudah cukup banyak. Perhatian dari provinsi maupun pusat sebenarnya sudah cukup maksimal. Hanya saja titik kerusakan jalan cukup panjang yang ada di PPU. Bahkan jika mau diselesaikan secara keseluruhan maka anggaran yang dibutuhkan  bisa mencapai sekitar Rp1-1,5 triliun,” katanya. (Humas6)

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.