Puncak HKG PKK ke 45 dan BBGRM di PPU

by -194 Views

Bupati PPU Apresiasi Rangkaian Kegiatan HUT PKK dan BBGRM di Daerahnya

BERITAPENAJAM.Net- Bupati Penajam Paser Utar (PPU) Yusran Aspar mengatakan sangat mengapresiasi berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan seluruh PKK Kabupaten /Kota dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 14 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang dilaksanakan di Kabupaten PPU.

Demikian dikatakan Yusran Aspar disela-sela pidatonya pada puncak (HKG) PKK ke-45 dan BBGRM ke 14. Dirinya mengatakan banyak kegiatan-kegiatan positif yang langsung bersentuhan dengan masyarakat telah dilaksanakan peserta dari seluruh Kabupaten/Kota dalam rangkaian kegiatan tersebut. Mulai penanaman pohon, lomba desain pakaian adat, paduan suara dan sebagainya.

“PKK memang luar biasa. Apalagi jika seluruh program-program yang dimiliki dapat  dilaksanakan dengan baik. Pastilah Bupati, Gubernur bahkan Presiden dapat tidur dengan nyenyak,” kata Yusran Aspar yang disambut dengan aplus seluruh peserta.

Mengapa bisa demikian kata dia. Sepuluh program PKK tersebut langsung bersentuhan dengan kehidupan masyarakat. Seperti yang pertama adalah penghayatan dan pengamalan pancasila. Bayangkan kata dia,  bila semua keluarga seperti itu, maka lingkungan masyarakat pasti akan menjadi aman dan nyaman,  karena semua orang menghayati dasar-dasar pancasila.

Kemudian program kedua adalah gotong royong. Jika dilaksanakan dengan baik, pastilah tidak akan ada lagi kesulitan-kesulitan yang ditemui dilingkungan keluarga maupun masyarakat karena semuanya telah dilakukan dengan cara saling tolong-menolong antar sesama. Begitu juga dengan program-program PKK yang lain.

“Tapi kenyataannya semua itu memang masih belum bisa dilaksanakan secara maksimal, karena disebapkan minimnya sarana dan prasarana penunjang untuk menuju kesana, tapi PKK diharapkan juga dapat selalu memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang tugas-tugasnya itu,” terang Yusran Aspar.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Meliana mengatakan bahwa pelaksanaan HKG PKK ke 45 dan BBGRM ke 14 di Kabupaten PPU berjalan dengan baik dan sukses. Dia berharap, melalui kegiatan tersebut, ada jalinan kerja sama dan kekompakan antar peserta dari seluruh Kabupaten/Kota di Kaltim

“Kita harapkan setelah terselenggaranya kegiatan ini, akan memberikan nilai positif bagi seluruh peserta dari Kabupaten/ Kota dan masyarakat di Kaltim pada umumnya,” paparnya.

Sementara itu Wakil Ketua PKK Provinsi Kaltim Hj Sarminah membacakan sambutan tertulis Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo bahwa alasan perlunya akselerasi atau percepatan itu didasarkan pada kenyataan, bahwa selama ini PKK melaksanakan 10 program pokok PKK secara normatif, bahkan cenderung rutinitas.

Ketua TP-PKK Pusat menegaskan bahwa rutinitas pada pelaksanaan 10 program pokok PKK harus dihilangkan agar kreativitas dalam program yang dilaksanakan dapat berkembang.

“Perkembangan program pemerintah dan masyarakat berkembang pesat dan bervariasi saat ini. Saya harap kita tidak terbelenggu pada rutinitas program. Saya mendorong setiap daerah agar senantiasa berinovasi mengembangkan kreatifitas program sesuai dengan potensi dan kebutuhan masing-masing daerah,” paparnya.

Lebih lanjut, disebutkan Ketua TP-PKK Pusat pula beberapa kementerian dan lembaga yang telah bekerjasama dengan TP-PKK di berbagai bidang. Hal itu merupakan bagian dari percepatan pelaksanaan program di PKK.

“TP-PKK telah mengadakan kerjasama yang dipayungi dalam naskah kesepakatan bersama atau MOU. Seperti MOU dengan Kementerian Pertanian, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,” Ungkap Sarminah. (Humas6/Nit)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.