Progres Pembangunan Jembatan Pulau Balang Sudah 82%

 

Ilustrasi jembatan pulau balang

BERITAPENAJAM.Net,- Kepala Bagian Pembangunan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Nicko Herlambang menyampaikan, progres pembangunan jembatan pulau balang kini telah mencapai progres 82%.

“Berdasarkan hasil meeting terkahir sudah 82%,” kata Nicko sebagaimana dilansir oleh Beritapenajam Rabu, (10/06/2020)

Ia menjelaskan, sebgaimana yang dimaksud dengan proyek jembatan pulau balang adalah proyek pembangunan jalan akses yang dekat dipulau tersebut merupakan bangunan control room yang saat ini juga difungsikan sebagai museum dan jembatan bentang panjang.

“Jadi bukan hanya jembatan bentang panjang tetapi juga termaksud satu paket pekerjaan dengan pembangunan museum itu,” ungkapnya

Lebih lanjut Nicko mengatakan, menurut informasi lapangan yang telah dikumpulkan pengerjaan pylon atau tiang utama jembatan saat ini sudah terpasang, tinggal pengerjaan proyek pada badan jalan jembatan yang akan dipertemukan dengan sisi yang mengarah kebalikpapan.

” Untuk pengerjaan proyek jembatan itu masih sekitar 500 meteran lagi,” imbuh Nicko.

Kepala bagian Pembangunan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Nicko Herlambang/Syahidr05

Pihaknya mengakui ada kendala terkait persoalan pembebasan lahan yang berada pada sisi balikpapan dikarenkan ada perubahan trase didaerah itu, jika ada perubahan trase maka penetapan lokasi pun berubah begitu pun terhadap anggaran pembebasan tentu berubah dari sebelumnya dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Jembatan setinggi 29 meter ini memiliki tipeĀ cable stayed bridge yaitu jembatan yang dibangun menggunakan kabel-kabel prategang berkekuatan tinggi untuk menahan beban jembatan. Terdapat dua pylon/tiang jembatan setinggi 116 meter untuk menahan kabel-kabel tersebut dan 144 bore pile/tiang pancang sebagai penopang jembatan.

Kepala Bagian Pembangunan PPU berharap, kepada Pemprov Kaltim agar tahun depan penganggaran pembebasan lahan pada jembatan pulau balang kembali dianggarkan.

“Harapan kita tahun depan pemprov Kaltim, tetap bisa menganggarkan pembebasan lahan itu, sambil pihak balikpapan juga dapat pro aktif,” harap Nicko Herlambang.

Tambahnya, dalam hal ini pemerintah PPU sudah melakukan tugasnya dengan merampungkan pembebasan lahan museum dan control room, dengan total anggaran 20 milliar yang telah dianggarkan pada tahun 2019 dengan proses pembebasan lahan dipulau balang dan bangunan tersebut.

Konstruksi Jembatan Pulau Balang dikerjakan oleh konsorsium yang terdiri atas PT Hutama Karya, PT Adhi Karya, dan Banguncipta.


(syahidr5/bp5)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Antisipasi Rentan Karhutla di PPU, Kapolres Akan Berikan Imbauan Kepada Masyarakat

Rab Jun 10 , 2020
  BERITAPENAJAM.Net,- Kepala Bagian Pembangunan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Nicko Herlambang menyampaikan, progres pembangunan jembatan pulau balang kini telah mencapai progres 82%. “Berdasarkan hasil meeting terkahir sudah 82%,” kata Nicko sebagaimana dilansir oleh Beritapenajam Rabu, (10/06/2020) Ia menjelaskan, sebgaimana yang dimaksud dengan proyek jembatan pulau balang adalah proyek […]
%d blogger menyukai ini: