Progres Jembatan Pulau Balang Terkendala Pada Sisi Balikpapan

by -198 Views
Ilustrasi Jembatan Pulau Balang
Ilustrasi Jembatan Pulau Balang

 

BERITAPENAJAM.Net,- Progres pembangunan jembatan pulau balang kini telah mencapai progres 82%, konstruksi jembatan tersebut setinggi 29 meter ini memiliki tipe cable stayed bridge yaitu jembatan yang dibangun menggunakan kabel-kabel prategang berkekuatan tinggi untuk menahan beban jembatan.

Terdapat dua pylon/tiang jembatan setinggi 116 meter untuk menahan kabel-kabel tersebut dan 144 bore pile/tiang pancang sebagai penopang jembatan.

Kepala bagian pembangunan Nicko Herlambang Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengungkapkan pekerjaan pylon atau tiang utama jembatan saat ini sudah terpasang, tinggal pengerjaan proyek pada badan jalan jembatan yang akan dipertemukan dengan sisi yang mengarah sisi Balikpapan.

” Untuk pengerjaan proyek jembatan itu masih sekitar 500 meteran lagi,” katanya ketika diwawancarai media ini.

Dalam hal ini pemerintah PPU sudah melakukan tugasnya dengan merampungkan pembebasan lahan museum dan control room, dengan total anggaran 20 milliar yang telah dianggarkan pada tahun 2019 dengan proses pembebasan lahan dipulau balang dan bangunan tersebut.

Pihaknya mengakui ada kendala terkait persoalan pembebasan lahan yang berada pada sisi balikpapan dikarenkan ada perubahan trase didaerah itu, jika ada perubahan trase maka penetapan lokasi pun berubah begitu pun terhadap anggaran pembebasan tentu berubah dari sebelumnya dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kendati demikian, terkait pembebasan lahan yang berada pada sisi Balikpapan saat ini belum ada Penetapan Lokasi (Penlok), sehingga terkendala dengan proses pembebasan lahan padahal sudah ada anggaran pembebasan.

” Harapan kami dari pemerintah provinsi segera menetapkan trasenya, seperti apa proses pembebasanya yang penting penloknya segera diterbitkan,” beber Nicko

Ucap Kepala Bagian Pembangunan itu, jika tidak ada dasar penlok maka progres pembangunan jembatan tersebut sulit untuk bekerja.

Lanjut Nicko, pada sisi Balikpapan yang belum ialah setelah sisi bentang panjang jembatan tersebut yang menuju Kariangau, kurang lebih sekitar 14 Kilometer yang harus dirampungkan.

“Jika ini sesuai dengan harapannya lancar selesai tahun ini lah,” pungkasnya

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.