AGM Pimpin Upacara Hardiknas di Kabupaten PPU

by -235 Views

Terus Berikan yang Terbaik Bagi Kemajuan Dunia Pendidikan

BERITAPENAJAM.NET-, Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud(AGM), pimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 di Kabupaten PPU, Kamis, (2/5/2019) pagi.

Tanpak hadir juga dalam upacara ini, Wakil Bupati PPU, Hamdam, Wakil Ketua DPRD Kabupaten PPU, Syahruddin, Sekretaris Kabupaten PPU, Tohar dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab PPU. Upacara ini diikuti oleh ratusan ASN maupun THL serta pelajar dilingkungan PPU.

Dalam kesempatan ini AGM menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada seluruh insan pendidikan yang telah berkontribusi besar bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia di daerah, serta atas pengabdian dan kerja keras serta dedikasinya
dalam membangun dunia pendidikan di Kabupaten PPU.

“Terus berikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan di daerah tercinta ini agar sumber daya manusia kita dapat bersaing dalam percaturan global yang setiap tahun semakin meningkat dan kompetitif. Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 kepada seluruh insan pendidikan di Kabupaten PPU,” kata AGM sapaan akrab Bupati PPU ini.

Sementara itu membacakan sambutan tertulis Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, Bupati PPU AGM mengatakan Perlu di ketahui bersama bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 13: menyebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggung jawab.

“Adalah hal yang lumrah, dalam kontestasi demokrasi selalu meninggalkan jejak-jejak residual yang bisa menimbulkan keretakan bahkan perpecahan. Dalam momentum seperti ini tanggung jawab nasional kita dipertaruhkan. Tanggung jawab untuk selalu menjaga aset vital bangsa yang tak ternilai harganya, yaitu semangat kerukunan, persaudaraan, dan persatuan,” ujarnya.

Sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan lanjut AGM, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya.

Terkait dengan itulah, tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.” Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Untuk diketahui juga, bahwa anggaran pendidikan sekitar 63% dikeloladaerah. Oleh karena itu, perlu diingatkan terus-menerus agar daerahmengambil peran yang lebih aktif dalam memanfaatkan dana APBN baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan memperhatikan kualitas pemanfaatan untuk program-program
prioritas, serta APBD yang menjamin anggaran pendidikan minimal 20%.

“ Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab
tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pemberi Anugerah, selalu meridhaiikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta,´”pungkasnya. (Humas6/BP02).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.