Penyakit Tidak Menular di Tahun 2016 Mencapai 16.428 Kasus

by -177 Views

BERITAPENAJAM.Net– Tergolong Penyakit Tidak Menular (PTM), Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat sampai akhir Tahun 2016 jumlah kasus pasien PTM lama sekitar 16.428 kasus dan untuk pasien baru 3.744 kasus, diantara kedua pasien lama pasien baru masih kebanyakan penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus.

Kasi PTM dan Kesehatan Jiwa Dr. Eka Wardhana mengatakan orang yang mudah terserang PTM hipertensi, bisa dialami seseorang lantaran pola hidup, pola pikir dan pola perilaku yang tidak sehat. “Penyebab hipertensi itu ada yang memang faktor keturunan, perubahan pola makan dan gaya hidup,“ ujarnya.

Eka juga mengatakan bahwa disetiap puskesmas sudah ada program yang menanggulangi pasien PTM tersebut. “Program kami Petunjuk Teknis Pelayanan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu), setiap puskesmas harus terbentuk Posbindu dan kalo bisa di sekolah – sekolah juga ada pos tersebut agar dapat mendeteksi dari usia 15 – 50 tahun,“ ujarnya.

Mengenai Penyakit tidak menular ini sebagian orang menganggap dikarenakan oleh faktor keturunan, penyakit karena sudah tua, kurang beraktifitas, merokok, minuman beralkohol, obesitas atau gemuk. PTM disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat yang bahkan sudah berlangsung cukup lama. (Pad/Min) 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.