Pengrajin Kapal PPU, Dapat Pesanan dari Sulawesi dan Jawa

BERITAPENAJAM.NET-Pulau Kalimantan merupakan salah satu dari lima pulau terbesar yang ada Di Indonesia, Kalimantan juga sebagai pemasok kayu dengan kualitas terbaik yang dimiliki Negara.

Ada beberapa jenis kayu yang ada Di Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur  dikenal sebagai kayu bungur, meranti dan ulin untuk bahan dasar pembuatan kapal nelayan, kayu ini dapat bertahan sampe puluhan tahun.

Kekayaan alam ini dimanfaatkan sebagai peluang usaha pembuatan kapal, Kelurahan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Usaha yang ditekuni semenjak tahun 1991 sampai saat ini masih tetap eksis.

Adapun pemesanan kapal yang dibuat biasanya kapal nelayan dari luar daerah, dan kapal nelayan lokal. Kepala tukang menjelaskan untuk proses pembuatan kapal ukuran besar naik 13 keping papan ini membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan masa kerja.

“Rata rata kapal pengakap ikan tongkol, ini banyak pesan dari Sulawessi sama Pulau Jawa pesisir juga ada,” ungkapnya, Rabu (04/08/2019).

Dirinya menjelasakan bahwa yang sering digunakan adalah  jenis kayu Bungur karena kuat dan tahan lama tergantung pada perawatan kapal itu sendiri, harga yang ditetapkan untuk kapal dengan ukuran tersebut kisaran Rp, 80 juta sampai dengan Rp, 100 juta tergantung pemesanan konsumen.

Sedangkan untuk pengerjaan kapal lokal yang naik tujuh sampai delapan keping cukup menghabiskan waktu satu bulan lebih itu sudah masuk dalam finishing. Untuk patokan harganya pun bervariatif Rp, 20 juta sampai dengan Rp. 25 juta, tergantung dari jenis kayunya lagi.

Namun untuk saat ini pasaran kapal masih terbilang relatif normal, dikarenakan penyediaan kayu yang didapatkan masih terbilang mudah.(sr5)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Mantap, PPU Juara Pertama Lomba Kadarkum Tingkat Kaltim/Kaltara 2019

Rab Sep 4 , 2019
BERITAPENAJAM.NET-Pulau Kalimantan merupakan salah satu dari lima pulau terbesar yang ada Di Indonesia, Kalimantan juga sebagai pemasok kayu dengan kualitas terbaik yang dimiliki Negara. Ada beberapa jenis kayu yang ada Di Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur  dikenal sebagai kayu bungur, meranti dan ulin untuk bahan dasar pembuatan kapal nelayan, kayu ini […]
%d blogger menyukai ini: