Penertiban Gabungan Di Pelabuhan Kelotok, Satu Kapal Dan Motoris Di Amankan

by -375 Views

BERITAPENAJAM.Net – Beberapa instansi gabungan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan penertiban kelengkapan dan kelayakan serta melakukan tes urin kepada motoris kapal kelotok di Pelabuhan Kelotok Penajam.

Agenda tersebut bertujuan untuk meminimalisir terjadinya laka laut diperairan Balikpapan-Penajam. Kegiatan tersbut diikuti oleh Dinas Perhubungan PPU, Polres PPU, TNI Angakatan Laut, Polisi Perairan (Polair), Polisi Militer (PM) dan Jasa Raharja.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan PPU Adi Irawan, kegiatan tersebut adalah tindak lanjut dari kegiatan Ramp Check beberapa bulan lalu, sehingga pihaknya mengamankan satu buah kelotok yang menurut pihaknya tidak memenuhi persyaratan untuk beroperasi.

“Satu kapal kelotok diamankan sementara agar dilakukan perbaikan terlebih dahulu sampai mereka memenuhi persyaratan kelayakan. Jika itu sudah dilakukan baru bisa kembali beroperasi, tetapi sebelumnya akan kami lakukan pemeriksaan bersama Polair,”ungkapnya, Rabu, (16/8/2017).

Dirinya juga menuturkan, kegiatan itu kedepannya akan terus berlanjut, dan juga rencananya sertifikat kapal yang masa berlakunya selama satu tahun,akan dikurangi hingga enam bulan, tetapi hal tersebut masih akan dilakukan kajian.

Di tempat berbeda, Kapolres PPU AKBP Teddy Ristiawan juga mengungkapkan bahwa, pada saat melaksanakan operasi penertiban,  pihaknya terpaksa harus mengamankan satu orang motoris kelotok, dikarenakan hasil tes urin menunjukkan positif menggunakan obat terlarang.

“Sesuai dari hasil tes urin, ada satu mitoris kelotok yang positif narkoba, sehingga untuk  pemeriksaan lebih lanjut kita serahkan ke Polsek Penajam,” tutur Kapolres PPU AKBP Teddy Ristiawan.

Lanjut Teddy, Kronogis singkat, diakhir kegiatan pihaknya melaksanakan tes urin kepada setiap motoris kapal kelotok, setelah melihat hasilnya, satu orang motoris positif narkoba. Rencanya motoris kelotok hendak melakukan perjalanan menuju Dermaga Kampung Baru, berhubung hasil tes urinnya positif, akhirnya motoris kelotok gagal bertolak sehingga motor dan penumpangnya dipindahkan ke klotok yang lain.(Win/Ril)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.