Jum. Agu 23rd, 2019

BERITA PENAJAM

Berita terkini benuo taka

Pemda PPU Dukung Program Satu Juta Nelayan Berdaulat

2 min read

Dengan Teknologi Keberadaan Ikan Dapat Terdeteksi

BERITAPENAJAM.NET-, Peluncuran program “Satu Juta Nelayan Berdaulat” dibawah koordinator Kementerian Bidang Kemaritiman pada Senin (8/4/2019)  beberapa waktu lalu didukung penuh oleh Bupati Penajam Paser Utara (PPU) , Abdul Gafur Mas’ud (AGM). Menurut AGM, sebagian wilayah Kabupaten PPU merupakan pesisir yang sebagian besar warganya berprofesi sebagai nelayan.

“Kita sangat mendukung program ini. Semoga program tersebut juga bisa berdampak positif untuk kesejahteraan nelayan yang ada di Kabupaten PPU kedepannya,” kata AGM usai peluncuran program 1 juta nelayan berbasis teknologi 4.0 ini.

AGM yang juga Ketua Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) ini menyampaikan melalui program itu, nelayan akan dikenalkan dengan teknologi dan diharapkan dapat menjadi solusi sektor maritim di era Revolusi Industri 4.0. Sebab, para nelayan saat ini kesulitan dalam mengakses keberadaan ikan secara akurat, real time dan murah.

“Hal ini membuat ikan hasil tangkapan nelayan cepat membusuk, dan harga jual ikan yang murah di kalangan tengkulak,” ungkapnya.

Tak hanya itu, sambungnya, nelayan tradisional yang ada di PPU juga sebagian besar masih terkendala dengan minimnya sinyal di laut. Hal ini juga tak jarang mengakibatkan maraknya kecelakaan saat melaut.

“Dengan ada program ini, kita berharap para nelayan mendapat dukungan teknologi berupa aplikasi Fish On, yaitu aplikasi berbasis android dengan fitur pencarian ikan, pengawetan ikan, penjualan ikan, komunikasi/chatting, pencatatan hasil tangkapan ikan, panic button untuk permintaan bantuan dalam kondisi darurat, fitur pembayaran elektronik dan fitur belanja kebutuhan sehari-hari yang terhubung dengan koperasi nelayan,” papar AGM.

Untuk diketahui, program ini diluncurkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Menurutnya, program ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kekayaan laut Indonesia menurut data UNDP pada tahun 2017 sebesar USD 2,5 Triliun per tahun dan baru dapat dimanfaatkan sebesar 7 persen karena minimnya teknologi Jumlah nelayan Indonesia yang berjumlah 2,7 Juta menurut data KKP 2017.

“Program Satu Juta Nelayan Berdaulat bertujuan meningkatkan kedaulatan ekonomi nelayan Indonesia melalui dukungan teknologi 4.0, meningkatkan tingkat pemanfaatan sumber daya laut dari 7 persen menjadi minimal 17 persen, mengurangi angka kemiskinan nasional hingga 25 persen, dan meningkatkan kedaulatan maritim Indonesia dengan melibatkan nelayan sebagai garda terdepan penjaga kedaulatan negara,” ungkapnya.

 AGM mengatakan progran nelayan berdaulat berbasis teknologi merupakan sejarah baru di Indonesia. Program tersebut juga menjadi sangat penting mengingat perkembangan teknologi yang telah masuk kesemua sendi kehidupan manusia termasuk mewarnai kehidupan nelayan. (BP02)

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.