Pemda PPU Dukung Percepatan Pembangunan Jembatan Pulau Balang

by -228 Views

BERITAPENAJAM.Net – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus memberikan dukungan bagi percepatan pembangunan jembatan pulau Balang yang menghubungkan Kabupaten PPU-Balikpapan-Samarinda dan sekitarnya ini. Jembatan yang akan menjadi pintu masuk bagi perekonomian wilayah Kalimantan Selatan menuju Kaltim yang telah ditarget rampung pada akhir 2018 ini akan segera terwujud.

Proyek milik Pemprov Kaltim yang berada di wilayah Kelurahan Pantai Lango dan Desa Mentawir PPU ini sebelumnya telah merampungkan bentang pendek jembatan. Jembatan dengan dua bentangan itu kini sedang mengerjakan pembangunan bentang panjang yang ada. Hal ini seperti tampak ketika Bagian Humas Setkab PPU berkunjung kelokasi ini dalam kegiatan dokumentasi pembangunan daerah, Selasa, (22/8).

“Pemerintah daerah Kabupaten PPU tentu memberi dukungan penuh kepada Provinsi Kaltim terhadap pembangunan jembatan Pulau Balang yang ada di wilayah PPU ini. Semoga pembangunan ini cepat selesai dan dapat segera dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat,” harap Bupati PPU, Yusran Aspar saat mengunjungi jembatan tersebut beberapa waktu lalu.

Bentuk dukungan yang diberikan oleh pemerintah daerah Kabupaten PPU kepada Pemprov Kaltim dalam pembangunan jembatan ini sangat besar. Salah satunya adalah memberikan fasilitas untuk pembebasan jalan penghubung terdekat bagi jembatan lintas Kaltim ini, khususnya pada sisi yang berada di wilayah Kabupaten PPU.

Dalam pertemuan sebelumnya, Staf Ahli Bupati PPU, Firmansyah juga menjelaskan, untuk ganti rugi tidak menjadi masalah yang berarti. Namun bagaimana Dinas Pekerjaan Umum dan tim pembebasan lahan dapat bekerja secara teliti agar proses pembebasan lahan ini bisa berjalan lancar.

Menurutnya, permasalahan tumpang tindih lahan pasti terjadi termasuk antara masyarakat dengan pemilik Hak Guna Usaha (HGU). Namun untuk menyelesaikan persoalan ini bisa ditempuh melalui proses pengadilan.

“Saya sangat berharap agar proyek Jembatan Pulau Balang ini bisa berjalan lancar serta bisa selesai tepat waktu, karena jalan ini sangat dibutuhkan dan menjadi akses Trans Kalimantan. Pemerintah daerah PPU tentunya sangat mendukung bagi percepatan pembangunan jembatan pulau balang ini,” tegasnya.

Berdasarkan desain yang ada, rencananya jembatan pulau balang ini akan didesain dengan kekuatan full kelas IIb, sehingga mampu menahan beban kendaraan sejenis tronton dan kendaraan berat lainnya. Jembatan dengan dua bentangan ini berjarak 5,4 kilometer dari Penajam-Balikpapan.

Jika ditambah jalan tol hingga Sepinggan, diperkirakan akan menjadi 12 kilometer dengan total anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp5,6 triliun. (Humas6/Ril)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.